Beranda NEWS MOMENT Kunjungan Napi Di Rutan Trenggalek Dimungkinkan Dibuka Setelah Warga Binaan Tervaksin Semua

Kunjungan Napi Di Rutan Trenggalek Dimungkinkan Dibuka Setelah Warga Binaan Tervaksin Semua

202

TRENGGALEK, bioztv.id – Hingga saat ini masih tertutup, Kunjungan terhadap warga binaan (WB) di rutan kelas 2B Trenggalek dimungkinkan baru dibuka setelah seluruh WB tervaksin semua. Sementara itu hingga saat ini, dari 470 warga binaan yang ada disana, baru ada 163 orang saja yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama.

Mengacu keterangan Kasubsi pelayanan tahanan rutan Kelas IIB Trenggalek , penutupan kunjungan dari luar terhadap warga binaan merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Rutan kelas 2B Trenggalek, Selain itu, selama ini Rutan Kelas 2B Trenggalek juga mewajibkan seluruh tahanan untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sepertihalnya wajib memakai masker. Pihak rutan juga menyediakan fasilitas tempat cuci tangan di tiap blok hunian tahanan. Termasuk juga penyemprotan cairan disinfektan secara berkala di seluruh lingkungan rutan.

Lebih lanjut Kasubsi pelayanan tahanan rutan Kelas IIB Trenggalek,  Zainal Fanani menjelaskan, selama pandemi Covid-19 ini kunjungan terhadap tahanan masih ditiadakan. Sebagai gantinya,  Rutan Trenggalek menyediakan layanan panggilan video secara gratis untuk memfasilitasi komunikasi napi dan keluarganya. Sesuai rencana dari kementerian, pendaftaran kunjungan langsung terhadap tahanan akan dibuka setelah seluruh warga binaan tervaksin semua.

Zainal Fanani juga menambahkan, untuk penanganan jika ada warga binaan yang positif terpapar Covid-19, pihak Rutan Trenggalek juga menyediakan ruangan khusus untuk isolasi tahanan. Selain itu, juga sudah disediakan tim khusus yang akan menangani, termasuk tim yang bertugas mengirim makanan dan kebutughan lain  untuk warga binaan yang menjalani isolasi.