Beranda NEWS MOMENT Tradisi Unik Idul Fitri Saat Pandemi, Jalan Jalan Kampung di Trenggalek Dihias...

Tradisi Unik Idul Fitri Saat Pandemi, Jalan Jalan Kampung di Trenggalek Dihias Warna Warni

1188

TRENGGALEK, bioztv.id – Perayaan hari raya Idul Fitri ditengah pandemi tahun ini, sejumlah ruas jalan perkampungan di Kabupaten Trenggalek tetap meriah dengan aneka hiasan warna warni. Salah satunya yaitu di Desa Ngadirejo Kecamatan Pogalan. Disini jalan jalan dihiasi dengan rumbai dan lampu LED aneka warna.

Seperti inilah suasana salah satu sudut jalan lingkungan Dusun Sindon,  Desa Ngadirejo,  kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek pada perayaan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah. Disepanjang jalan ini tampak meriah dengan hiasan aneka rumbai dan lampu LED. Dikawasan ini tampak  hiasan kain aneka warna dibentuk dan di pasang sedemikian rupa menghiasi sepanjang jalan perkampungan,  mulai hiasan berbentuk melengkung di tepi jalan, hingga menghias dengan lampu warna-warni.

Secara bergotong royong,  warga setempat berbagi tugas untuk mengecat jalan maupun memasang hiasan, bahkan dana yang di himpun dari swadaya masyarakat. Hiasan kain didominasi warna hijau yang terpasang sepanjang 2 kilometer, warna hijau di pilih karena mengambil  tema “Sindon Green Village”.

Perangkat Desa Ngadirejo Kecamatan Pogalan, Khoirul Anam menyampaikan, Selama proses menghias perkampungam ini tidak ada kendala, pasalnya,  seluruh bahan yang digunakan tersedia di toko toko terdekat. Untuk proses pemasangan hiasan rumbai dan lampu L-E-D ini memerlukan waktu sekitar satu minggu, Sedangkan anggarannya diperkirakan menghabiskan biaya sekitar 15 juta rupiah, yang bersumber dari swadaya Masyarakat.

Khoirul juga menambahkan, Dengan adanya hiasan warna warni ini, kawasan perkampungan menjadi terlihat bersih, asri dan lebih indah. Selain ertujuan untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri, kegiatan menghias kampung ini juga bermanfaat untuk menghibur warga ditengah pandemi covid-19,