Beranda NEWS MOMENT Sebut Ilmu Titen Sudah Tidak Akurat, BMKG Ajak Nelayan Trenggalek Gunakan Tekhnologi...

Sebut Ilmu Titen Sudah Tidak Akurat, BMKG Ajak Nelayan Trenggalek Gunakan Tekhnologi Informasi

434

TRENGGALEK, bioztv.id – Ilmu titen warisan leluhur yang selema ini masih dijadikan acuan nelayan saat akan melaut dan mencari ikan dinilai sudah kacau, BMKG dorong nelayan di Trenggalek gunakan tekhnoligi informasi yang sudah disediakan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keselamatan saat melaut dan optimalisasi hasil tangkapan

Mengacu keterangan Kepala Badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG), Akibat perubahan iklim global yang terjadi, saat ini ilmu ‘Titen’ cuaca yang biasa diterapkan nelayan secara turun temurun, untuk mengetahui kondisi cuaca sudah tidak akurat lagi. Sehingga untuk mendukung aktivitas para nelayan, maka perlu adanya pemanfaatan tekhnologi informasi seperti yang sudah disiapkan BMKG.

Lebih lanjut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan, Untuk menjawab kebutuhan nelayan saat ini,  BMKG sudah menyediakan laman INAWIS- BMKG,  yang berisi berbagai informasi maritim, mulai dari cuaca,  gelombang laut,  arus hingga posisi keberadaan ikan. Dengan memanfaatkan informasi maritim itu,  maka aktivitas nelayan akan lebih efektif  dan aman dalam melaut,  bahkan berpotensi mendapatkan tangkapan ikan dengan jumlah yang lebih banyak. 

Untuk mendorong pemanfaatan teknologi informasi tersebut BMKG juga gencar menggelar sekolah lapang cuaca nelayan ke berbagai sentra nelayan di indonesia. Sementara itu saat melakukan pelatihan yang di Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek pada 8 Oktober kemarin,  para nelayan juga diajarkan cara membaca informasi cuaca maritim yang bisa dimanfaatkan.