Beranda NEWS MOMENT Wajib Sertakan NIK, Dari 470 Warga Binaan Rutan Trenggalek Baru 163 Yang...

Wajib Sertakan NIK, Dari 470 Warga Binaan Rutan Trenggalek Baru 163 Yang Bisa Vaksin

211

TRENGGALEK, bioztv.id – Ratusan warga binaan Rutan kelas 2B Trenggalek mulai disuntik vaksin dosis pertama. Karena peserta vaksin wajib menunjukkan NIK, dari 470 warga binaan hanya ada 163 orang yang bisa menjalani suntik vaksin. Sementara itu ratusan Napi  lainnya, masih harus menunggu kelengkatan data NIK dari pihak keluarga.

Penyuntikan vaksin Covid-19 dosis pertama terhadap 163 warga binaan ini dilakukan pada 7 Oktober 2021. Vaksinasi ini juga dilakukan dilingkungan rutan kelas 2B Trenggalek, sedangkan jenis vaksin yang disuntikkan menggunakan Moderna. Salah satu syarat utama yang harus dipenuhi warga binaan adalah nomor induk kependudukan (NIK), sehingga Warga binaan yang belum bisa menunjukkan NIK belum bisa mengikuti suntik vaksin.

Kasubsi pelayanan tahanan rutan Kelas IIB Trenggalek,  Zainal Fanani menyampaikan, sebelum pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya telah mendata NIK para warga binaan. Data NIK itu diperoleh pihak rutan dengan cara menghubungi masing masing keluarga warga binaan. Hasilnya,  dari 470 orang ,  hanya 163 saja yang sudah menyerahkan NIK.

Zainal juga menambahkan, untuk tekhnis pelaksanaan vaksinasi ini juga dilakukan seperti proses vaksinasi pada umumnya. Sebelum disuntik vaksin, para warga binaan harus menjalani screening atau pengecekan awal kondisi kesehatan. Setelah dinyatakan lolos,  mereka baru bisa menerima suntikan vaksin. Setelah disuntik vaksin, kemudian mereka juga harus menjalani observasi sebelum meinggalkan lokasi vaksinasi.