Beranda NEWS MOMENT Pembangunan Bendungan Tugu Sudah Mencapai 78%, Pembebasan Lahan Belum 100%

Pembangunan Bendungan Tugu Sudah Mencapai 78%, Pembebasan Lahan Belum 100%

1521

TRENGGALEK, bioztv.id – Proses pembebasan lahan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek hingga saat ini belum 100%. Meski progres pembangunannya sudah mencapai 78,06%, namun masih menyisakan 14 bidang lahan yang proses pembebasannya belum tuntas. Lahan tersebut diketahui berada diluar lokasi konstruksi bendungan.

Menurut keterangan pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Bendungan BBWS Brantas, hingga saat proses pembebasan lahan bendungan bagong terus berproses, pada minggu ini ada 54 bidang lahan yang tinggal menunggu persetujuan proses  pembayaran, dan 14 bidang yang memang belum bisa dibebaskan. Selain itu juga ada 10 bidang lahan yang saat ini sedang proses penilaian oleh tim appraisal.

Lebih lanjut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Bendungan BBWS Brantas Deny Bayu Prawesto menyampaikan, untuk 14  bidang yang hingga saat ini belum bebas tersebut, semuanya berada diluar lokasi konstruksi. Tetapi PPK tetap berkoordinasi dengan BPN, kalau memang ini diluar konstruksi dan tidak bisa dibebaskan, maka PPK akan koordinasi dengan pemprov jatim untuk mengeluarkan 14 bidang tersebut dari penetapan lokasi (Penlok). Selanjutnya juga akan ditambahkan 7 bidang baru, yang 2 diantaranya untuk lokasi sabuk hijau atau green belt.

Perlu diketahui bahwa, Saat ini untuk progrem pembangunan bendungan Tugu tahap pertama sudah rampung 100 persen. Sehingga tinggal pengerjaan tahap kedua dan spilway yang saat ini masih terus berproses. Untuk progres tahap kedua saat ini juga sudah mencapai 65,84 persen, sedangkan progres spilway juga sudah mencapai 68, 67 persen. Sehingga secara total keseluruhan progres pembangunan bendungan tugu sudah mencapai 78,06 persen.