Beranda Advetorial Pacu Kesejahteraan Warga, Mas Ipin Fasilitasi Perempuan Trenggalek Berwirausaha

Pacu Kesejahteraan Warga, Mas Ipin Fasilitasi Perempuan Trenggalek Berwirausaha

231

TRENGGALEK, bioztv.id – Wujudkan Kabupaten yang inklusif, Calon bupati Trenggalek petahana fasilitasi para perempuan menjadi wirausaha baru di Trenggalek. Pasalnya, tidak hanya laki laki saja yang bisa dan boleh berwirausaha, namun perempuan juga mamiliki hak yang sama untuk bisa berwirausaha dan berpenghasilan.

Menurut calon bupati petahana nomor urut 2, di Kabupaten Trenggalek ini penduduknya 50% laki laki dan 50% perempuan, jadi akan timpang jika setiap keputusan, kebijakan, hanya diputuskan oleh tokoh laki laki saja. Untuk mendorong terwujudnya kabupatn yang inklusif, peraturan pertama yang di tanda tangani petahana sewaktu menjadi bupati adalah tentang musyawarah perencanaan pembangunan, yang itu harus ada forum khusus perempuannya. Yaitu Musrena keren, atau Musyawarah perencanaan dan pembangunan untuk perempuan anak dan kelompok rentan.

Lebih lanjut calon Bupati Petahana, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, sekarang kita punya satu tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan Trenggalek lewat perempuan yang menjadi wirausaha. Karena kalau perempuan dapat penghasilan, nanti anaknya pasti sehat, dan anaknya pasti pintar.  Karena  kita ingin Trenggalekknya makmur dan sumber daya manusianya juga meningkat.

Mas Ipin juga menambahkan, dengan melibatkan perempuan dalam berbagai kegiatan dan program, pihaknya berharapa bisa mengakomidir kebijakan maupun pembangunan yang juga diharapkan perempuan. Sehingga perempuan juga harus tau bagaimana pengelolaan APBD, APBdes, bagaimana mekanisme siklus anggaran, dan bagaimana kepemimpinan.