Beranda NEWS MOMENT Komisi III DPRD Trenggalek Sarankan Dinas Pariwisata Ikuti Jejak RSUD Lakukan Pinjaman...

Komisi III DPRD Trenggalek Sarankan Dinas Pariwisata Ikuti Jejak RSUD Lakukan Pinjaman Daerah

200

TRENGGALEK, bioztv.id – Komisi 3 DPRD Trenggalek sarankan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Trenggalek ikuti jejak RSUD Dr.Soedomo yang berani lakukan pinjaman daerah. Pasalnya, untuk mengembangkan pariwisata di Trenggalek, dibutuhkan keberanian untuk melakukan lompatan kebijakan yang lebih baik.

Berdasarkan keterangan Ketua Komisi 3 DPRD Trenggalek, sejak 4 tahun lalu pihaknya sudah menyarankan 2 OPD di Trenggalek berani mengambil kebijakan untuk melakukan pinjaman daerah, selanjutnya dana pinjaman itu bisa digunakan untuk mengembangkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Kedua OPD tersebut adalah RSUD Dr.Soedomo dan DInas Pariwisata Kabupaten Trenggalek.

Lebih lanjut ketua Komisi 3 DPRD Trenggalek, Sukarudin menjelaskan, meski sudah lama DPRD menyarankan dinas pariwisata untuk melakuakn pinjaman daerah, namun hingga saat ini yang sudah mulai menindaklanjuti hanyalah RSUD Dr.Soedomo. Rencananya RSUD akan pinjam dana ke pihak ketiga sebesar 50 Miliar rupiah untuk membangun Gedung 6 lantai. Sementara itu untuk dinas pariwisata hingga saat ini belum ada tanda tanda akan melakukan pinjaman daerah.

Ketua komisi 3 juga menambahkan, salah satu alasan DPRD Trenggalek mendorong dinas pariwisata berani lakukan pinjaman daerah ini karena OPD tersbeut memiliki pendapatan yang pasti. Dari pendapatan tersebut bisa digunakan untuk membayar pinjaman yang dilakukan. Jika pengembangan pariwisata hanya mengandalkan kucuran dana dari pemerintah sdaerah aja, prosesnya akan memakan waktu yang cukup lama. Karena nominal anggaran pemerintah daerah dalam setiap tahunnya sangatlah terbatas.