Beranda NEWS MOMENT Masuk Zona Kuning, Bupati Akhirnya Bubarkan Check Point Diperbatasan Masuk Trenggalek

Masuk Zona Kuning, Bupati Akhirnya Bubarkan Check Point Diperbatasan Masuk Trenggalek

463

TRENGGALEK, bioztv.id – Sudah masuk zona kuning, Bupati akhirnya bubarkan pemberlakuan check point yang ada di sejumlah pintu masuk Kabupaten Trenggalek. Sehingga langkah penanganan pandemic corona bergeser dari pembatasan wilayah menjadi disiplin wilayah sesuai Inpres nomor 6 tahun 2020

Pembubaran check point di Kabupaten Trenggalek ini diumumkan secara resmi oleh Bupati pada 14 September tahun 2020 ini, pembubaran ini dilakukan setelah dioperasikannya check point selama 6 bulan di 3 titik masuk Treggalek, yaitu di Kecamatan Tugu, Kecamatan Panggul dan Kecamatan Durenan. Sedangkan salah satu alasan lain pembubaran check point dan pencabutan  pembatas wilayah ini, karena pemerintah daerah ingin lebih fokus kepada pemulihan ekonomi, namun tetap memperhatikan penanganan pandemi sesuai protokol kesehatan.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Sat ini Kabupaten Trenggalek sudah berada di Zona kuning, dan menyisakan 11 pasien isolasi di asrama covid. Selain itu juga tidak ada satupun pasien yang dirawat di rumah sakit, sehingga dengan berbagai pertimbangan tersebut pembatasan wilayah dicabut. Untuk penanganan Covid-19 ini nantinya akan difokuskan ke desa sehingga bisa lebih efektif dan efisien serta menerapkan operasi justitia, sesuai himbauan Pak Presiden dan pemerintah Provinsi Jatim.

Bupati juga menambahkan, Pihaknya menghimbau kepada satgas desa dan kelurahan untuk tidak mengendurkan pengawasan, karena pengawasan ditingkat desa kan lebih difokus untuk penegakan disiplin. Dengan diberlakukannya upaya penegakan disiplin ini, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.