Lukisan Unik Pemuda Trenggalek Tembus Luar Jawa, Bakar Kayu Menjadi Karya Seni Menawan

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Di tangan kreatif Robert Zarkasi, pemuda asal Desa Rejowinangun, Trenggalek, alat solder tak hanya digunakan untuk merakit elektronik. Di tangannya, alat ini menjelma menjadi kuas ajaib untuk melukis di atas kayu. Keunikan karyanya ini sudah diburu penggemar dari berbagai kota hingga luar Jawa.

Lukisan bakar, atau pirografi, merupakan seni menggambar di atas kayu dengan cara membakarnya. Teknik ini menghasilkan lukisan unik dengan tekstur dan gradasi warna yang menawan.

“Awal mula menekuni lukis bakar dulu habis keluar kuliah, setelah kuliah itu kan bingung mencari kerjaan. Kita cari-cari kerja apa ya, cari referensi dari teman teman, akhirnya ada referensi membuat lukisan bakar atau pirografi, Ya udah kita cobain dan ternyata ya ada yang minat,” Kata Robert.

Untuk memulai proses Kreatif di Balik Lukisan Bakar ini, Robert mengawalinya dengan menyiapkan kayu jenis waru, partikel, gergaji, lem, dan alat penghalus kayu. Kayu dirangkai menjadi bingkai lukisan, kemudian Robert mulai menggambar sketsa di atasnya.

“Sejak awal, saya belajarnya secara otodidak, sering lihat lihat YouTube.” Ungkap Robert.

Kesabaran dan ketelatenan menjadi kunci dalam melukis bakar. Robert menggunakan alat bakar yang dimodifikasi untuk membakar kayu mengikuti sketsa. Suhu dan tekanan alat bakar dikontrol dengan cermat untuk menghasilkan gradasi warna yang indah.

Lukisan bakar ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Namun, dibalik itu juga ada berbagai tantangan selama proses pembuatannya.

“Tidak terlalu sulit melukis di kayu dengan alat bakar, kesulitannya hanya pada teknik sketsa awal,” ungkap Robert. Kesalahan sekecil apapun akan sulit diperbaiki karena kayu sudah terbakar.

Setelah melalui berbagai proses yang rumit, lukisan bakar ini akan menghasilkan karya seni yang tak kalah menawan. Lukisan bakar karya Robert menampilkan berbagai macam objek, mulai dari pemandangan alam hingga wajah manusia.

“Saya mulai menekuni lukis bakar ini sejak tahun sekitar awal 2018,” Jelas ROber.

Lukisan bakar karya Robert dijual dengan harga mulai dari Rp50.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung pada ukuran dan tingkat kerumitannya.

Robert memasarkan karyanya melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Peminat lukisannya datang dari berbagai kota di Indonesia, bahkan hingga luar pulau.

“Untuk pemasarannya dari medsos, Whatsapp, Facebook, Instagram, Tiktok, dan lain sebagainya.” Kata Robert.

“Pemesan yang order biasanya dari berbagai kota dan luar pulau. Biasanya peminatnya itu rata-rata untuk hiasan dinding, hiasan almari, atau hiasan di rumah. Rata-rata kan pesanan itu berupa lukisan wajah.” Imbuhnya.

Lukisan bakar karya Robert Zarkasi ini menunjukkan bahwa seni dapat lahir dari alat dan bahan yang sederhana. Dengan ketekunan dan kreativitas, Robert mengubah kayu bakar menjadi karya seni yang menawan dan bernilai tinggi. (ARI)