Beranda Business Kreatifitas Unik Selama Belajar Dirumah, Pelajar Asal Kampak Trenggalek Ukir Sandal Hasilkan...

Kreatifitas Unik Selama Belajar Dirumah, Pelajar Asal Kampak Trenggalek Ukir Sandal Hasilkan Duit

95

TRENGGALEK, bioztv.id – Manfaatkan waktu luang saat belajar dirumah selama pandemi corona, salah satu pelajar SMA asal Desa Bogoran, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, isi waktu luangnya dengan berkarya membuat kerajinan sandal ukir. Dari hobi yang ditekuninya ini, dirinya mampu menghasilkan pundi pundi rupiah.

Inilah Ali Maksum, pelajar SMA kelas XI asal Desa Bogoran, selama diberlakukannya belajar dirumah akibat pandemi corona yang melanda tanah air, dirinya aktif mengasah kreatifitasnya dengan membuat sandal ukir karakter. Meski Kelihatan sepele. Tapi aktivitas ini bisa menghasilkan tambahan uang jajan bagi Ali.

Untuk memulai membuat sandal ukir ini, terlebih dahulu Ia membeli sandal polos aneka warna untuk dijadikan sandal ukir. Tahap awal pembuatan sandal ukir ini dimulai dengan membuat sketsa gambar  di atas sandal sesuai dengan desain yang diinginkan. Sketsa gambar tersebut dibuat menggunakan  pensil dan bolpoin. Setelah sketsa gambar terbentuk, barulah diukir menggunakan silet kecil dengan mengikuti pola yang ada. Dalam sehari semalam, dirinya mampu menyelesaikan dua pasang sandal ukir.

Menanggapi kreatifitas yang ditekuninya ini, Ali Maksum menyampaikan, Karya seni ukir sandal jepit ini sudah ia tekuni sekitar empat tahun lalu, yaitu sejak dirinya duduk dibangku SMP. Awalnya, ia sekadar iseng mengukir sandal miliknya sendiri. Tujuannya cuma agar sandal yang ia pakai unik. Namun ternyata tetangga dan teman-temannya banyak yang suka dan justru memintanya untuk membuatkan.

Ali juga mengaku, selama menekuni karya seni sandal ukir ini, pesanan terus berdatangan, dalam sebulan rata-rata mencapai puluhan pemesan. Mereka kebanyakan dari kenalan dan teman-teman Ali, namun juga ada pemesan dari luar kota. Selain mengandalkan pesanan dari rekan rekannya, untuk pemasaran hasil karyanya ini, Ali juga memasarkan di akun  Instagram miliknya @SandalUkirRumahan. Sandal ukir karyanya Aili Maksum ini biasanya dijual dengan harga 25.000 hingga 40.000 rupiah tergantung tingkat kerumitannya.