Beranda Advetorial Inovasi Pertanian di Trenggalek, Mas Ipin Inisiasi Program Sawah Tanpa Musim

Inovasi Pertanian di Trenggalek, Mas Ipin Inisiasi Program Sawah Tanpa Musim

424

TRENGGALEK, bioztv.id – Maksimalkan pertanian di Kabupaten Trenggalek, calon bupati petahana nomor urut 2, Mas Ipin inisiasi program sawah tanpa musim. Melalui program ini diharapkan bisa mendorong para petani lebih produktif, terutama bagi mereka yang lahan pertaniannya belum memiliki irigasi yang cukup.

Inisiasi program sawah tanpa musim ini disampaikan Mas Ipin ketika bertemu dengan para petani di Desa Melis, Kecamatan Gandusari. Saat ini masih ada beberapa lahan sawah di Kabupaten Trenggalek yang belum memiliki irigasi yang cukup. Akibatnya sawah tersebut kurang produktif, masa panennya pun juga menjadi lebih lama jika dibandingkan dengan  sawah yang irigasinya bagus.

Calon bupati petahana Mochamad Nur Arifin atau Mas Ipin menjelaskan, Program sawah tanpa musim ini akan dijalankan dengan metode tertentu. Salah satunya dengan cara menggali lahan antara 40 sampai 50 sentimeter (cm), kemudian diberi lapisan kedap air. Selanjutnya tanahnya di tempatkan pada galian itu. Sehingga, air tadah hujan bisa terus bertahan lama di kawasan lahan persawahan tersebut. Akhirnya, lahan akan lebih hemat dalam penggunaan air.

lebih lanjut Mas Ipin menambahkan, mengingat program ini masih inisiasi, rencananya akan di ujicobakan di beberapa titik persawahan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Ketika uji coba tersebut sukses, selanjutnya akan dijadikan program masif. Khususnya agar kebutuhan air persawahan tidak mengganggu kebutuhan untuk mandi, minum, dan lain sebagainya