Beranda NEWS MOMENT Positif Terpapar Covid-19, Puluhan Santri di Trenggalek Dikarantina

Positif Terpapar Covid-19, Puluhan Santri di Trenggalek Dikarantina

2704

TRENGGALEK, bioztv.id –  Dinyatakan positif Covid-19, puluhan santri pondok pesantren yang ada di Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dikarantina. Mayoritas mereka yang positif terpapar diketahui tanpa gejala, sementara itu beberapa santri lainnya mengalami gejala ringan seperti flu dan batuk biasa.

Mengacu keterangan kepala dinas kesehatan kabupaten Trenggalek, sedikitnya ada 72 santri di salah satu Pondok pesantren yang ada di Desa Baruharjo, Kecamatan Durenan yang dinyatakan positif Covid-19. Temuan kasus penularan Covid-19 dilingkungan Pondok PEsantren ini berawal saat salah seorang santri mengalami sakit dan menjalani pemeriksaan di layanan kesehatan . Dari pemeriksaan itulah diketahui positif covid-19. 

Lebih lanjut Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, dr.Saeroni menyampaikan, Pascatemuan itu Dinas Kesehatan Trenggalek melakukan penelusuran atau tracing terhadap kontak erat pasien termasuk ratusan santri di dalam pesantren. Dari 133 santri yang menjalani pemeriksaan P-C-R,  72 diantaranya dinyatakan positif Corona. Untuk menangani cluster penularan ini,  seluruh santri yang positif Covid-19 tanpa gejala dilakukan karantina di dalam pesantren,  sedangkan santri yang bergejala dikarantina di asrama Covid-19 Kabupaten Trenggalek. 

Dinas kesehatan menyebutkan,  kasus sebaran corona di salah satu Podok pesantren ini merupakan yang terbesar di Trenggalek ,  bahkan ini menjadi klaster tersendiri.  Namun dinas kesehatan optimis penanganan corona di pesantren akan lebih mudah,  karena para santri berada pada lingkungan khusus yang tertutup .Sementara itu dari data di Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GGTP) covid-19, PER 12 Nopember kemarin jumlah warga Trenggalek yang terkonfirmasi positif corona mencapai 416 orang, dengan rincian 299 dinyatakan sembuh, 103 orang masih menjalani karantina dan 14 lainnya meninggal dunia.