Beranda NEWS KRIMINAL Terlibat Sindikat Pembalakan Pohon Pinus, 1 Warga Kampak Trenggalek Terciduk, 3 Buron

Terlibat Sindikat Pembalakan Pohon Pinus, 1 Warga Kampak Trenggalek Terciduk, 3 Buron

1283

TRENGGALEK, bioztv.id – Terlibat sindikat illegal loging pohon pinus dilahan perhutani, satu warga asal Kecamatan kampak terciduk Polisi, sedangkan 3 lainnya buron. Pelaku berhasil ditangkap petugas setelah melakukan pencurian pohon pinus di kawasan hutan masuk Desa Ngerdani, Kecamatan Dongko

Satu tersangka pembalakan liar pohon pinus yang saat ini diamankan petugas adalah Panut, Warga Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Pelaku berhasil diringkus petugas saat kepergok mengangkut 91 batang pohon pinus menggunakan Truk dengan Nopol AG 8857 UY bersama tiga tersangka lainnya, sementara itu ketiga tersangka lainnya tersbeut berhasil kabur saat dilakukan pengejaran.

Menanggapi hal ini Kapolres Trenggalek, AKBP.Jean Calvijn Simanjuntak menyampaikan, beebrapa tersangka illegal logging yang saat ini masih buron adalah SR, DN dan PT. Sedangkan Kayu hasil pembalakan liar tersebut rencananya akan diangkut ke lokasi penggergajian kayu milik tersangka SR di Kecamatan Kampak.

Saat ini satu tersangka dan barang bukti berupa 91 batang pohon pinus, satu unit Truk dengan Nopol AG 8857 UY beserta surat suratnya sudah diamankan di Mapolres Trenggalek guna proses hukum lebih lanjut. Akibat perbuatannya ini pelaku dijerat dengan pasal 83 ayat (1) huruf a, b dan c UURI No 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman minimal 1 tahun dan paling lama 5 tahun penjara.  Serta denda paling sedikit Rp. 500 juta rupiah dan paling banyak Rp 2,5 miliar rupiah.