Beranda NEWS KRIMINAL Perhutani, Pembalakan Liar Pohon Pinus Di Trenggalek Sasar Pohon Produktif Usia 30...

Perhutani, Pembalakan Liar Pohon Pinus Di Trenggalek Sasar Pohon Produktif Usia 30 Tahunan

1089

TRENGGALEK, bioztv.id – Pembalakan liar pohon pinus yang terjadi di kawasan Desa Ngerdani Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek sasar pohon pohon produktif yang berusia puluhan tahun. Pohon pohon tersebut merupakan pinus yang masih produktif untuk diambil getahnya oleh masyarakat.

Menurut keterangan Wakil Administratur Perhutani wilayah Kediri Selatan, kasus pembalakan liar pohon pinus yang berhasil digagalkan oleh jajaran Polres Trenggalek pada 11 Desember kemarin, merupakan pohon pinus yang diambil dari kawasan hutan masuk perbatasan desa Salamwates dan desa Ngerdani Kecamatan Dongko. Lokasi tersebut merupakan kawasan yang rawan terjadi pembalakan liar.

Lebih lanjut  Wakil Administratur Perhutani Wilayah Kediri Selatan, Andy Iswindarto menyampaikan, Selama beberapa tahun terakhir, dilokasi tersebut tercatat sudah lima kali terjadi pembalakan liar. Sedangkan pohon yang dicuri tersbeut rata-rata telah berusia lebih dari 30 tahun dengan diameter 30-40 sentimeter.

Sebelumnya diketahui bahwa, Jajaran Kepolisian Resort Trenggalek telah menangkap seorang anggota sindikat pelaku pencurian kayu hutan atasnama panut, Warga Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, Trenggalek. Pelaku berhasil diamankan setelah terjadi aksi kejar kejaran dengan petugas. Dari hasil penangkapan tersebut petugas juga mengamankan satu unit truk dan 91 gelondong kayu pinus. Sementara itu beberapa tersangka lainnya saat ini masih buron.