14 KK di Timahan Trenggalek Terusir Tanah Gerak, Warga Minta Segera Relokasi

oleh
oleh
14 KK di Timahan Trenggalek Terusir Tanah Gerak, Warga Minta Segera Relokasi
14 KK di Timahan Trenggalek Terusir Tanah Gerak, Warga Minta Segera Relokasi

TRENGGALEK, bioztv.id – Dampak bencana alam tanah gerak yang melanda Desa Timahan, Kecamatan Kampak. Sejumlah warga terusir dari tempat tinggalnya. Pasalnya, dengan kondisi retakan yang terus bertambah, mereka sudah tidak memungkinkan lagi tinggal dirumahnya. Saat ini belasan KK harus mengungsi dirumah sanak saudara.

Saat meninjau langsung kondisi tanah egrak di Desa Timahan, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, demi keamanan, ia berikan opsi agar warga mau direlokasi. Namun karena dilokasi ini mayoritas lahannya milik perhutani, pihaknya mendorong warga agar terlebih dahulu untuk mencari tanah pemajakan yang siap bangun, kemudian pemerintah akan membeli tanah tersebut sebagai lahan relokasi.

Sementara itu salah satu warga terdampak, Khoirul Anam menyampaikan, sampai saat ini sejumlah 14 KK yang terdampak tanah gerak ini sudah meninggalkan rumahnya. Mereka tidak berani menempati lagi rumahnya. Sat ini mereka mengungsi dirumah sanak saudara yang tidak terdampak. Warga juga meminta agar mereka bisa direlokasi ke tempat lebih aman yang tidak jauh dari daerah asal mereka.

Sekedar diketahui bahwa, bencana alam tanah gerak di Desa Timahan, Kecamatan kampak, kabupaten Trenggalek ini terjadi pada 18 Oktober 2022 kemarin. Kejadian ini bersamaan dengan banjir bandang yang tenggelamkan 5 Kecamatan di Trenggalek. Akibat kejadian ini, warga RT 04 Desa Timahan, sejumlah 14 KK yang terdiri dari 34 Jiwa, 5 balita, dan 9 lansia harus mengungsi hingga waktu yang belum bisa ditentukan.