Beranda NEWS MOMENT Sortir & Lipat, Petugas Temukan 300-an Surat Suara Pilkada Trenggalek 2020 Rusak

Sortir & Lipat, Petugas Temukan 300-an Surat Suara Pilkada Trenggalek 2020 Rusak

228

TRENGGALEK, bioztv.id – Lakukan sortir dan pelipatan surat suara untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Trenggalek tahun 2020, Puluhan petugas temukan lebih dari 300 surat suara rusak. Jenis kerusakan tersebut juga bermacam macam, meliputi surat suara yang terpotong, rusak terlipat, hingga terdapat noda tinta.

Proses sortir dan pelipatan surat suara untuk Pilkada Trenggalek tahun 2020 ini, seidkitnya melibatkan 60 orang petugas. Hingga 30 Nopember siang hari, selama melakukan proses sortir dan pelipatan, petugas menemukan sedikitnya 312 surat suara yang rusak. Surat suara yang rusak itu kemudian dipisahkan dengan surat yang memenuhi syarat. Setelah dilakukan proses sortir, puluhan petugas juga langsung melipat dan menata surat suara sesuai kebutuhan.

Sekretaris KPU Kabupaten Trenggalek, Wiratno menyampaikan, setelah suara dilipat dan ditata, proses tahapan selanjutnya adalah bimbingan teknis logistik untuk para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Selasa 1 Nopember 2020. Selanjutnya, pengepakan surat suara pada kotak suara akan dilakukan pada 2 Desember hingga 5 Desember 2020. Sementara iru proses distribusi ke tiap kecamatan akan dilakukan pada 6 Desember hingga 8 Desember. Surat suara tersebut akan  didistribusikan ke 1.550 TPS se Trenggalek.  Jumlah surat suara itu sebanyak 581.880 pemilih ditambah jumlah surat suara cadangan sebangak 2,5%.

Perlu diketahui bahwa, Pilkada Trenggalek tahun 2020 diikuti oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati. Calon nomor urut 1 adalah Alfan Rianto – Zaenal Fanani yang diusung PKB dan PKS. Sedangkan calon nomor urut 2 adalah pasangan Mochamad Nur Arifin – Syah M Nata Negara. yang  diusung tujuh partai. Yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, PAN, PPP, dan Partai Hanura.