Beranda NEWS MOMENT Ada Dua Jenis Pemilih Pemula Pada Pilkada Trenggalek 2020, jumlahnya Mencapai 16...

Ada Dua Jenis Pemilih Pemula Pada Pilkada Trenggalek 2020, jumlahnya Mencapai 16 Ribuan

177

TRENGGALEK, bioztv.id – Pemilih pemula pada Pemilu Kepala daerah Trenggalek tahun 2020 diketahui mencapai belasan ribu. Angka tersebut mengacu pada Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang diserahkan oleh Kementerian dalam negeri (Kemendagri) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada beberapa waktu lalu.

Menurut keterangan Komisioner KPU Trenggalek, Mengacu DP4 yang diserahkan Kemendagri ke KPU RI, jumlah pemilih pemula di Kabupaten Trenggalek mencapai 16.578, namun angka tersebut belum masuk pada proses coklit, sementara itu setelah masuk proses coklit justru tidak diketahui jumlahnya. Karena pada hasil coklit tidak ada form Form yang menyebutkan jumlah pemilih pemula, tapi yang ada justru jumlah pemilih dari kalangan disabilitas.

Lebih lanjut Komisioner KPU Trenggalek, Nurani Soyomukti menyampaikan, ada dua jenis yang masuk kaegori pemilih pemula. Yang pertama pemilih pemula berdasarkan usia, yaitu mereka yang baru masuk pada usia 17 tahun atau sudah menikah. Sedangkan yang kedua adalah pemilih pemula karena baru bisa memilih setelah manjalani masa pensiun dari keanggotaan TNI Polri.

Nurani juga menambahkan, mengacu data yang ada, sedikitnya ada 1.382 pemilih disabilitas di Trenggalek. Mereka terdiri dari tuna rungu, tuna grahita, dan tuna netra, yang tersebar di 14 Kecamatan se Kabupaten Trenggalek. Pada proses pencoblosan nanti, KPU akan memfasilitasi tuna netra dengan template huruf braile, agar bisa mereka bisa meraba dan membaca surat suara. Sementara itu bagi yang mengalami kelumpuhan juga akan ada pendamping pemilih, yang akan difasilitasi  oleh masing masing TPS.