Beranda NEWS MOMENT Seperti Inilah Upaya Penyelamatan Kembali Kawasan Bencana Retakan Tanah Trenggalek

Seperti Inilah Upaya Penyelamatan Kembali Kawasan Bencana Retakan Tanah Trenggalek

797

TRENGGALEK – bioz.tv – Langkah langkah penyelamatan daerah terdampak bencana alam retakan tanah di trenggalek  terus diupayakan oleh pemerintah setempa, Upaya pencegahan retakan susulan yang lebih parah juga terus dilakukan, salah satunya dengan mendatangkan ahli geologi dan insinyur ternama di indonesia.

Dari hasil penelitian dan kajian yang dilakukan oleh pata ahli geologi, untuk mengantisipasi terjadinya retakan tanah susulan yang lebih parah, memang harus dilakukan beberapa proses pencegahan dengan melakukan rekayasa aliran air maupn penguatan ke dalam pada patahan patahan tanah.

Kajian untuk engantisipasi retakan susulan ini juga sudah dilakukan oleh  Insinyur dari persatuan insinyur Indonesia atau PII, yang bertempat di dusun jelok desa parakan kecamatan Trenggalek, Yang sedikitnya ada sekitar 28 rumah warga terdampak, dan   10 diantaranya sudah rusak parah. Setelah dilakukan kajian sementara Diketahui bahwa jenis tanah di kawasan ini masih bisa didirikan bangunan, asalkan dilakukan penguatan pada struktur bangunan dan dilakukan rekayasa aliran air.

Sementara itu emil dardak juga menerangkan, Untuk mengantisipasi retakan susulan memang harus ada beberapa konsekuensi yang harus dilakukan, Diantaranya yaitu harus dilakukan penguatan di tempat patahan tanah hingga bawah, selanjutnya juga harus ada kajian yang lebih dalam di kawasan rumah rumah penduduk. Selian itu proses proses lain yang harus dilakukan yaitu proses Hidrogeologi dan  geolistrik, setelah itu kemudian dilakukan pengecekan bor dangkal untuk mengecek aliran air tanah, selanjutnya juga dilakukan  system tata air  berupa geo grid untuk memperkuat tatanan air tanah.

Dengan dilakukannya beberapa langkah tersebut, diharapkan retakan tanah di daerah terdampak bencana ini bisa lebih di tekan, sehingga warga setempat bisa kembali tinggal di rumah masing masig  dengan tenang seperti biasa.

https://youtu.be/KtbYBqSiMNo