Beranda NEWS MOMENT Akomodir Keluhan Nelayan Pancing, Komisi II DPRD Trenggalek Panggil Dinas Perikanan

Akomodir Keluhan Nelayan Pancing, Komisi II DPRD Trenggalek Panggil Dinas Perikanan

445

TRENGGALEK, bioztv.id – Akomodir keluhan nelayan Pancing di teluk Prigi, Kecamatan Watulimo, Komisi 2 DPRD Trenggalek panggil Dinas Perikanan, mereka koordinasikan sejumlah solusi agar tidak ada konflik antara nelayan. Pasalnya, sesuai aspirasi yang diterima Komisi 2, Nelayan Pancing keluhkan keberadaan nelayan kompresor.

Mengacu keterangan pimpinan rapat Komisi 2 DPRD Trenggalek, selama beberapa waktu terakhir, Nelayan pancing penangkap udang dan lobster keluhkan adanya nelayan kompresor yang menangkan lobster dengan cara menyelam. Mereka khawatir, jika cara penangkapan menggunakan kompresor itu  akan merusak terumbu karang dan ekosistem laut.

Lebih lanjut Pimpinan Rapat Komisi 2 DPRD Trenggalek, Imam Basuki menyampaikan, terkait aspirasi dari nelayan itu, pihaknya masih mengumpulkan sejumlah referensi, salah satunya koordinasi dengan Dinas PErikanan kabupaten Trenggalek. Dalam hal ini pemerintah kabupaten tidak memiliki wewenang, karena wewenangnya ada [ada pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Imam Basuki juga menambahkan, dari informasi yang ia terima, nelayan kompresor itu tenaga tekhnisnya mayoritas bukan warga Trenggalek, mereka berasal dari luar kota. Saat melaut, nelayan Kompresor ini hanya menyelam untuk menangkap lobster saja.