Beranda NEWS MOMENT Pansus I, Secara Impresif Perda RTRW Tidak Menyebutkan Jumlah Luasan Wilayah Pertambangan

Pansus I, Secara Impresif Perda RTRW Tidak Menyebutkan Jumlah Luasan Wilayah Pertambangan

290

TRENGGALEK, bioztv.id – Wilayah pertambangan (WP) pada perubahan rencana tata ruang wilayah (RTRW) menjadi perbincangan sejumlah pihak, Pansus RTRW DPRD Trenggalek sebut jika pada perubahan RTRW secara impresif tidak menyebutkan jumlah luasan WP. Namun penyusunanya tetap mengacu pada peraturan yang lebih tinggi.

Berdasarkan keterangan Ketua Pansus 1 yang membidangi pembahasan Perda RTRW, Setelah dibahas selama kurang lebih 8 bulan dan disahkan pada akhir tahun 2020 lalu, Perda perubahan RTRW Kabupaten Trenggalek dikirim ke Provinsi untuk dilakukan evaluasi oleh Gubernur Jawa Timur. Sementara itu, saat ini posisi perda RTRW itu masih di bahas oleh Kemendagri.

Lebih lanjut ketua Pansus 1 DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan, Secara impresif, pada perubahan ranperda RTRW itu tidak menyebutkan jumlah luasan wilayah pertambangan (WP), tapi penyusunannya tetap mengacu pada peraturan yang lebih tinggi. Sementara itu terkait sejumlah kalangan yang meributkan WP, pihaknya menegaskan jika kewenangan pertambangan tidak ada pada pemerintah kabupaten, tapi ada pada wewenang pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pansus 1 juga menjelaskan, untuk mengetahui lebih lanjut terkait RTRW itu harus menungu hasil evaluasi dari Gubernur Jawa Timur terlebih dahulu. Nantinya, Gubernur akan memberikan catatan evaluasi untuk segera ditindak lanjuti.