Beranda NEWS MOMENT Emil Dardak, Vaksin Covid-19 Segera Didistribusikan Ke Kabupaten/Kota Termasuk Trenggalek

Emil Dardak, Vaksin Covid-19 Segera Didistribusikan Ke Kabupaten/Kota Termasuk Trenggalek

396

TRENGGALEK, bioztv.id – Penentuan sasaran vaksinasi menjadi wewenang penuh Dinas Kesehatan masig masing daerah, proses vaksinasi didaerah dipastikan akan berjalan ebih mudah dan cepat. Dalam waktu dekat, vaksin tersebut juga akan didistribusikan ke daerah daerah, dengan target vaksinasi awal seluruh tenaga kesehatan.

Menurut keterangan Wakil Gubernur Jawa Timur, terkait proses vaksinasi, Kementrian kesehatan akan merujuk pada data yang lebih akurat, sehingga Dinas Kesehatan masing masing daerah diberi ijin untuk menentukan siapa sasaran Vaksinasi. Kebijakan ini akan membuat proses vaksinasi lebih cepat. Saat ini vaksin yang datang sudah ada 77.000, dan pada awal Februari akan datang lagi sekitar 120.000 Vaksin.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyampaikan, dari total vaksin yang sudah ada dan masih akan datang pada awal Februari nanti, jika untuk menngcover seluruh tenaga kesehatan di Jawa Timur belum mencukupi. Karena total tenaga kesehatan ada sekitar 200 ribuan, padahal jika masing masing tenaga kesehatan membutuhkan 2 dosis, maka jumlah yang dibutuhkan ada sekitar 400 ribuan vaksin.

Emil Dardak juga menjelaskan, Vaksin yang sudah datang tentunya akan segera didistribusikan ke daerah daerah. Berdasarkan SE Dirjen P2PM Kemenkes, Kabupaten Trenggalek juga menjadi salah satu daerah yang masuk dalam 30 Kabupaten Kota di Jawa timur yang sudah ada alokasinya.  Terlebih di Kabupaten Trenggalek juga sudah ada kesiapan vaksinator yang terlatih juga sudah siap melaksanakan vaksinasi. Sementara itu untuk realisasi juga tidak harus menunggu bulan Februari, tapi akan dilakukan secepatnya.