Beranda NEWS MOMENT Mas Ipin, Trenggalek Sedang Tidak Baik Baik Saja, Usia 21-45 Tahun Banyak...

Mas Ipin, Trenggalek Sedang Tidak Baik Baik Saja, Usia 21-45 Tahun Banyak Terpapar Covid-19

3214

TRENGGALEK, bioztv.id – Penularan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek terus bertambah, warga yang berusia produktif antara usia 21 hinga 45 Tahun justru banyak yang terpapar. Sementara itu angka fatality rate atau kasus kematian juga banyak didominasi oleh mereka yang tidak memiliki penyakit penyerta, yaitu murni akibat Covid-19.

Hingga Kamis14 Januari 2021, kasus Covid-19 di Trenggalek mencapai 1.323. Rinciannya, 989 orang sembuh, 263 dalam perawatan, dan 72 meninggal dunia. Data tersebut, menunjukkan bahwa hingga saat ini tren penularan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek masih terus meningkat, dan angka Fatality rate juga terus bertambah.

Menanggapi hal ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, dari data pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, paling banyak menyerang warga yang berusia 21 hingga 45 tahun. Artinya ada mobilitas berkegiatan karena usia muda ini bekerja. Dan bisa menularkan kepada mereka yang usia lebih tua. Selain itu warga yang meninggal akibat paparan virus SARS-CoV-2 ini, mayoritas juga tak memiliki penyakit penyerta bawaan. Mereka yang meninggal karena komorbit atau penyakit penyerta hanya 20% sampai 30% saja. Artinya pasien yang meninggal karena Covid ini cukup tinggi, dan tidak bisa dianggap remeh.

Mengingat tren penularan Covid-19 di Trenggalek masih terus bertambah, Mas Ipin juga meminta warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Baik saat di rumah ataupun di luar rumah, yaitu sering cuci tangan dan tetap jaga jarak. Apalagi penyebaran virus ini tidak hanya melalui droplet saja, Virus Corona kini sudah bersifat aerosol dan menyatu di udara.