Beranda NEWS MOMENT Dugaan Penyerobotan Tanah Aset Desa, Warga Watulimo Minta Bantuan DPRD Trenggalek

Dugaan Penyerobotan Tanah Aset Desa, Warga Watulimo Minta Bantuan DPRD Trenggalek

441

TRENGGALEK, bioztv.id – Mediasi ditingkat desa dinilai tidak tuntas, Forum Peduli Desa (FPD) gruduk kantor DPRD Trenggalek. Mereka meminta bantuan DPRD untuk Menyelesaian dugaan penyerobotan tanah kas Desa Watulimo. Pasalnya, ada satu bidang tanah kas desa yang diduga dikuasai perseorangan dan belum dikembalikan.

Mengacu keterangan Koordinator FPD Watulimo, Kecamatan Watulimo, dugaan penyerobotan tanah kas desa itu terjadi sekitar 1996, yakni semula bengkok desa dan di tahun itu ternyata telah disertifikatkan secara perseorangan. Padahal, satu bidang tanah seluas sekitar 6 meter persegi itu masuk ke letter C Desa Watulimo. Akibat penyertifikasian satu bidang tanah tersebut tidak ada warga yang dirugikan, namun, pihak yang seharusnya merasa merugi adalah pemdes. Sehingga FPD Watulimo mengupayakan agar bidang tanah itu bisa dikembalikan secara sukarela

Lebih lanjut koordinator FPD Watulimo, Sunaryo menyampaikan, Dari hasil hearing dengan DPRD Trenggalek, pihaknya diminta untuk menunggu sekitar satu minggu kedepan, pasalnya, pihak terkait masih akan menggali lebih dalam permasalahan ini.

Sunaryo juga menambahkan, mediasi terkait dugaan peneyrobotan tanah aset desa ini sudah dilakukan di tingkat desa sejak tahun 2020 lalu, namun hingga saat ini tidak ada progres yang jelas  dari pihak pemdes. Sehingga FPD meminta DPRD Trenggalek untuk memfasilitasi permasalahan ini hingga selesai.