Beranda NEWS Awali Tahun 2021, Penyelesaian 3 Tunggakan Ranperda Menjadi Prioritas DPRD Trenggalek

Awali Tahun 2021, Penyelesaian 3 Tunggakan Ranperda Menjadi Prioritas DPRD Trenggalek

268

TRENGGALEK, bioztv.id – Awali tahun 2021, DPRD Trenggalek targetkan penuntasan 3 rancangan peraturan daerah (Ranperda) usulan eksekutif, yang pembahasannya belum bisa dituntaskan pada tahun 2020 lalu. Selain itu, sejumlah ranperda yang sudah di notakan sejak akhir tahun lalu juga menjadi prioritas pembahasan pada tahun ini.

Ketiga ranperda tunggakan tahun 2020 yang belum selesai dibahas ini adalah, Ranperda tentang penggabungan bank perkreditan rakyat (BPR) milik pemerintah daerah, Ranperda tentang pendirian perusahaan daerah aneka usaha (PDAU), dan ranperda tentang ketenagakerjaan. Ketiga ranperda tersebut merupakan usulan eksekutif. Untuk ranperda yang dinotaan pada penghujung tahun 2020 kemarin bukanlah sebagai PR, karena pembahasannya dilakukan pada akhir tahun, dan otomastis akan dilanjutkan pada tahun 2021 ini.  

Pimpinan rapat badan musyawarah (Banmus) DPRD Trenggalek, Agus Cahyono menyampaikan, dari ketiga tunggakan ranperda tersebut, untuk ranperda tentang ketenagakerjaan ada kaitannya dengan undang undang ciptakerja. Jika masih ada gonjang ganjing dan pembahasannya belum memungkinkan untuk dilanjutkan, maka ranperda ini akan dikembalikan lagi ke pemerintah daerah. Sehingga tidak menjadi tunggakan di DPRD Trenggalek.

Agus Cahyono juga menjelaskan, Pembahasan ranperda ini, selanjutkan masih akan dibahas oleh Bapemperda DPRD Trenggalek. Sedangkan untuk target jumlah pembahasan ranperda pada tahun 2021 ini diperkirakan akan ada sekitar 20 Propemperda. Selain akana da usulan ranperda baru, beberapa diantaranya merupakan tunggakan ranperda tahun sebelumnya, dan beberapa ranperda lain yang sudah dinotakan pada akhir tahun 2020 kemarin.