Beranda NEWS MOMENT Pacu Perkembangan Ekonomi, DPRD Trenggalek Dorong Perecepatan Tindak Lanjut Perda RTRW

Pacu Perkembangan Ekonomi, DPRD Trenggalek Dorong Perecepatan Tindak Lanjut Perda RTRW

335

TRENGGALEK, bioztv.id – Pacu percepatan pembangunan dan ekonomi Kabupaten Trenggalek sesuai perda rencana tata ruang wilayah (RTRW) yang baru, DPRD Trenggalek dorong agar tindak lanjut RTRW baru tersebut dipercepat. Sehingga bisa segera diimplementasikan dalam kebjakan tata kelola managemen pemerintah daerah.

Setelah disahkannya perubahan perda RTRW Kabupaten Trenggalek pada penghujung tahun 2020 lalu, Perda RTRW yang baru ini akan menjadi suatu kepastian hukum tentang pengelolaan tata ruang di Trenggalek. Dengan adanya perubahan RTRW ini, pemanfaatan wilayah menjadi lebih tertata dan sesuai perencanaan pembangunan terkini. Dengan mengacu RTRW yang baru ini, nantinya pemanfaatan lahan hingga pengajuan ijin usaha bisa lebih mudah.

Menanggapai perda RTRW yang abru ini, Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam menyampaikan, Perda RTRW yang sudah disahkan itu sifatnya masih makro, paling tidak RTRW tersebut bisa menjadi gambaran umum tentang peta pemanfaatan lahan di Kabupaten Trenggalek untuk 20 tahun kedepan. Selanjutnya, Agar perda RTRW itu tidak mengambang, harus segera ditindak lanjuti dengan recana detail tata ruang (RDTR). Sehingga secara spesifikasi bisa segera diimplementasikan dalam kebijakan tata kelola managemen pemerintah daerah.

Meski sudah disahkan, Perubahan Perda RTRW Kabupaten Trenggalek juga masih menyisakan sejumlah catatan yang harus segera diselesaikan. Salah satunya terkait adanya kasus tenurial disejumlah daerah perbatasan antara kawasan Hutan dan kawasan permukiman penduduk.