Beranda NEWS MOMENT Razia Rapid Antigen di Trenggalek, Jika Banyak Yang Reaktif Pembatasan Wilayah Diberlakukan

Razia Rapid Antigen di Trenggalek, Jika Banyak Yang Reaktif Pembatasan Wilayah Diberlakukan

1588

TRENGGALEK, bioztv.id – Tekan terjadinya ledakan penyebaran Covid-19 selama libur natal dan tahun baru, operasi yustisi dan rapid tes antigen bagi pelaku perjalanan yang masuk ke Kabupaten Trenggalek terus digalakkan. Jika hasil rapid tes ini menunjukkan banyak yang reaktif, dimungkinkan pembatasan wilayah juga akan kembali diberlakukan.

Operasi yustisi yang disertai rapid tes antigen bagi pelaku perjalanan yang masuk ke Kabupaten Trenggalek ini sudah mulai diberlakukan sejak 24 Desember kemarin. Rancananya operasi ini akan terus dilakukan hingga 4 Januari tahun 2021 mendatang. Untuk kegiatan ini, Pemkab Trenggalek sudah menyiapkan sekitar 3.000 hingga 5.000 alat Rapid tes Antigen. Jumlah tersebut bisa bertambah jika porsentase sampling banyak yang reaktif.

Menanggapi hal ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan,  Jika hasil rapid tes bagi pendatang yang masuk Trenggalek ini banyak yang reaktif, tidak menutup kemungkinan akan diberlakukan lagi pembatasan wilayah seperti saat awal penanganan Pandemi kemarin. Namun untuk penanganan saat ini ada pada fase pengurangan resiko dan pemisahan resiko didalam wilayah. Jika asrama untuk menampung pasien tidak mencukupi, nantinya juga akan memanfaatkan GOR sebagai asrama.

Perlu diketahui bahwa, Pemeriksaan rapid tes antigen bagi pelaku perjalanan dari arah Tulungagung akan dilakukan di Puskesmas Baruharjo Kecamatan Durenan, sedangkan untuk pemeriksaan bagi pelaku perjalanan dari arah Ponorogo akan dilakukan di Puskesmas Pucanganak Kecamatan Tugu. Operasi yustisi yang disertai pemeriksaan rapid antigen ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19  di Kabupaten Trenggalek, Pasalnya, selama kurun beberapa waktu terakhir ada kecenderungan peningkatan kasus ketika musim libur panjang.