Beranda NEWS MOMENT Di Trenggalek, Jumlah ASN Yang Mau Membayar Zakat 2,5% Melalui Baznas Hanya...

Di Trenggalek, Jumlah ASN Yang Mau Membayar Zakat 2,5% Melalui Baznas Hanya Sekitar 35%

319

TRENGGALEK, bioztv.id – Aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Trenggalek ternyata belum seluruhnya mau membayar zakat penghasilan sebesar 2,5%. Pasalnya, hingga saat ini ASN yang rutin membayar zakat sebesar 2,5% dari jumlah penghasilan hanya ada sekitar 35% saja. Kebanyakan ASN masih membayar zakat sesuai keinginanya sendiri.

Berdasarkan keterangan ketua Baznas Kabupaten Trenggalek, Untuk proses penerimaan zakat dari para aparatur sipil negara (ASN), hingga saat ini pihaknya tidak pernah menekan atau memaksakan jumlah nominal yang harus dibayarkan. Meski sesuai ketentuan nominal zakat yang harus dibayarkan ASN adalah 2,5% dari nilai penghasilan, namun saat proses pembayaran zakat, ASN tersebut diberi kebebasan untuk membayar sesuai keinginannya, dan tertuang dalam surat pernyataan.

Ketua Baznas Trenggalek, Mahsun Ismail menyampaikan, kalau diprosentase, jumlah ASN yang sudah membayar pajak sebesar 2,5% dari penghasilannya ada sekitar 35%, tapi kalau jumlah ASN yang sudah membayar zakat mencapai 99%. Kebanyakan mereka membayar zakat dengan nominal yang beragam sesuai keinginannya. Meski demikian, ia berharap kedepannya seluruh ASN bisa membayar zakat sesuai ketentuan, yaitu 2,5% dari penghasilan.

Mahsun Ismail juga menjelaskan, sejak beberapa waktu terakhir, nominal penerimaan zakat pada badan amil zakat nasional (Baznas) Kabupaten Trenggalek mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Awalnya baznas hanya menerima zakat sekitar 10 Jutaan perbulan, saat ini dalam setiap bulannya mampu menerima sekitar 250 jutaan, sedangkan dalam setiap tahunnya mampu mengumpulkan zakat sekitar 3,5 Miliar hingga lebih dari 4 Miliar rupiah.