Beranda NEWS MOMENT Emil Dardak, Anjungan Cerdas Di Trenggalek Rencananya Akan Dikelola Pemerintah Provinsi

Emil Dardak, Anjungan Cerdas Di Trenggalek Rencananya Akan Dikelola Pemerintah Provinsi

1153

TRENGGALEK, bioztv.id – Belum difungsikan sesuai rencana, anjungan cerdas yang ada di kawasan bendungan Tugu Kabupaten Trenggalek, rencananya akan dikelola oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. Diharapkan, kawasan ini bisa menjadi “rest area” multifungsi di jalan nasional, yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Sejak akhir tahun 2016 lalu, Kementerian PUPR melalui BPIW  tengah membangun 2 Anjungan Cerdas (AC) yakni di Rambut Siwi, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dan Bendungan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Keduanya menjadi proyek percontohan (inkubasi) pembangunan AC yang dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan perjalanan serta mengurangi kecelakaan lalu lintas pada jalan nasional.

Menanggapai keberadaan anjungan cerdas yang belum mulai dioperasikan ini, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyampaikan, pihaknya sudah memeinta Bakorwil Madiun untuk terus mengawal Anjungan Cerdas di Bendungan Tugu ini, namun tantangannya saat ini karena kondisi pandemi COvid-19. Sementara itu salah satu nilai jualnya adalah menjadi meeting point. Ia bersama Sekda Trenggalek sebenarnya juga sudah merencanakans ebuah event di anjungan cerdas ini. Yaitu event yang mempromosikan UMKM dan Seni budaya, yang direncanakan sebelum penutup tahun 2020.

Perlu diketahui bahwa, pemilihan Trenggalek sebagai lokasi Anjungan Cerdas ini, karena sebagai salah satu kawawan jalan nasional dengan jalur terpanjang di kawasan selatan Jawa mulai dari Yogyakarta-Malang dan Yogyakarta-Surabaya. Pada dasarnya Anjungan Cerdas (AC) merupakan “rest area” multifungsi di jalan  nasional yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas pendukung dan dikemas secara modern, mulai dari tempat makan, pusat informasi, gerai traveler/ATM, ruang terbuka hijau, amphi teater, sarana edukasi, serta gerai produk lokal unggulan.