Beranda NEWS MOMENT Rekapitulasi Pilkada Trenggalek 2020, Angka Golput Mencapai 32,1% & Suara Tidak Sah...

Rekapitulasi Pilkada Trenggalek 2020, Angka Golput Mencapai 32,1% & Suara Tidak Sah 13.864

689

TRENGGALEK, bioztv.id – Rekapitulasi perhitungan suara hasil pemilihan kepala daerah Trenggalek tahun 2020, Angka perolehan suara hanya selisih tipis dengan hasil hitung cepat. Sehingga perolehan suara terbanyak tetap diraih oleh pasangan calon nomor urut dua. Sementara itu angka golput atau ketidak hadiran diketahui mencapai 32,1%.

Menurut keterangan ketua Komisi pemilihan umum (KPU) Trenggalek, dari hasil final rekapitulasi   Pilkada tahun 2020 di tingkat kabupaten, diketahui bahwa, pasangan calon bupati nomor urut 1, Alfan Rianto – Zaenal Fanani mengantongi suara 121.406 atau setara 31,84%. Pasangan calon bupati nomor urut 2, Mochamad Nur Arifin – Syah Mohamad Natanegara memperoleh suara sebanyak  259.844 suara atau setara 68,16%. Sementara jumlah surat suara yang tidak sah mencapai 13.864 suara.

Lebih lanjut ketua Komisi pemilihan umum (KPU) Trenggalek, Gembong Derita Hadi menyampaikan, Untuk jumlah warga masuk daftar pemilih tetap (DPT) yang tak hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 32,1%. Kebanyakan mereka yang tidak hadir ini adalah para pemilih yang saat hari H Pilkada berada di luar negeri ataupun di luar kota.

Gembong juga menambahkan, dari hasil rekapitulasi tingkat kecamatan yang dilanjutkan pada rekapitulasi tingkat Kabupaten ini, kebanyakan perubahan bukan dari sisi perolehan suara. Namun dari pengelompokan disabilitas, sehingga tidak  ada satu pun perolehan suara yang tidak sesuai. Selain itu dari semua saksi masing masing pasangan calon bupati yang hadir dalam rapat pleno tingkat Kabupaten ini juga menerima hasil rekapitulasi.