Beranda NEWS MOMENT Komisi 1, Trenggalek Satu Data Akan Mempermudah Masyarakat Urus Surat Menyurat

Komisi 1, Trenggalek Satu Data Akan Mempermudah Masyarakat Urus Surat Menyurat

137

TRENGGALEK, bioztv.id – Wujudkan data tunggal di Kabupaten Trenggalek, Komisi 1 meminta agar OPD terkait matangkan perencanaan. Melalui program ini diharapkan bisa menyamakan persepsi lintas OPD dan instansi. Sehingga nantinya masyarakat juga bisa mengurus surat menyurat secara online

Menurut keterangan ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek, salah satu tujuan diwujudkannya Trenggalek satu data ini agar terwujud kesamaan data lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi, sehingga bisa mempermudah masyarakat untuk mendapat informasi yang jelas.  Dengan adanya data yang sama, kesimpangsiuran data antar OPD maupun Instansi juga tidak lagi terjadi.

Lebih lanjut Ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek, Mochamad Husni Tahir Hamid menyampaikan, Saat program Trenggalek satu data tersebut sudah jalan, nantiya masyarakat yang mau mengurus surat surat sepertihalnya SKTM, bisa lebih mudah dan bisa langsung dilakukan secara online, sehingga Kepala Desa tinggal menanda tangani saja. Dalam program Trenggalek satu data itu, data-data yang akan disamakan meliputi data teknis yang ada di OPD dan data dasar yang diolah BPS. Untuk mensinkronkan kebutuhan data berbasis Nomor Indok Kependudukan (NIK) juga akan melibatkan Disduk Capil. Sedangkan untuk mensinkronkan data sesuai hasil Analisa dan informasi kebijakan, juga akan melibatkan Bapedalitbang.