Beranda NEWS MOMENT Suara Tidak Sah Pilkada Trenggalek 2020 Mencapai 11 Ribuan, Didominasi Nyoblos Semua...

Suara Tidak Sah Pilkada Trenggalek 2020 Mencapai 11 Ribuan, Didominasi Nyoblos Semua Calon

772

TRENGGALEK, bioztv.id – Suara tidak sah pada pilkada Trenggalek tahun 2020 mencapai belasan ribu, sementara itu penyebab suara tidak sah tersebut didominasi pemilih yang mencoblos pada kedua pasangan calon. Namun juga ada beberapa yang mencoblos diluar kotak gambar yang disediakan, hingga mencoblos tidak menggunakan alat yang disediakan.

Menurut keterangan ketua KPU Trenggalek, mengacu hasil hitung cepat, pada Pilkada yang diselenggarakan 9 Desember kemarin diketahui ada sekitar 11.000 suara tidak sah. Angka tersebut dimungkinkan masih bisa bertambah ataupun berkurang, karena proses penghitungan resmi atau real count nya saat ini masih sampai di tingkat kecamatan, sedangkan proses penghitungan di tingkat Kabupaten masih akan dilakukan pada 14 Desember mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek Gembong Derita Hadi menjelaskan, Ada beberpa faktor yang menyebabkan belasan ribu suara itu tidak sah. Beberapa diantaranya karena mencoblos pada keuda pasangan calon, surat suara rusak akibat mencoblos tidak menggunakan alat yang disediakan, dan mencoblos tidak pada kota gambar yang disediakan. Gembong juga berharap agar kedepannya Masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin agar suara yang disalurkan bisa tepat dan tidak sia sia.

Selain adanya sekitar 11.000 suara yang tidak sah, pada Pilkada Tahun 2020 ini diketahui bahwa tingkat kehadiran masyarakat mengalami penurunan, yaitu hanya sekitar 67,52% pemilih saja. Sementara itu pada Pilakda tahun sebelumnya tingkat partisipasi pemilih mencapai 76,82%. Artinya pada tahun ini mengalami penurunan sebesar 0,31%, dan tidak bisa memenuhi target yang ditentukan sebesar 70%.