Beranda NEWS MOMENT KPU Trenggalek Pastikan Pasien Positif Covid-19 Tetap Difasilitasi Bisa Menggunakan Hak Pilihnya

KPU Trenggalek Pastikan Pasien Positif Covid-19 Tetap Difasilitasi Bisa Menggunakan Hak Pilihnya

485

TRENGGALEK, bioztv.id – Pilkada 9 Desember tahun 2020, KPU Trenggalek pastikan semua warga yang memiliki hak pilih tetap bisa mengikuti pemilihan kepala daerah. Tak terkecuali mereka yang sedang menjalani isolasi ataupun karantina akibat Covid-19. Namun untuk proses penyaluran hak pilihnya akan ada mekanisme tersendiri.

Berdasarkan keterangan komisioner KPU Trenggalek, Untuk proses pemungutan suara bagi pemilih yang sedang menjalani isolasi atau karantina di Asrama Covid, mekanismenya hampir sama dengan yang ada di Rumah tahanan (Rutan). Yaitu petugas yang akan datang untuk mengakomidir hak pilih mereka, tapi ini bagian dari koordinasi yan tidak terpisahkan dengan Satgas Covid-19. Mengacu informasi terbaru, sempat ada kabar bahwa, KPU diminta untuk tidak mengunjungi asrama covid.  Ini karena berkaitan dengan bahaya covid di Trenggalek yang semakin hari semakin banyak.

Lebih lanjut salah satu Komisioner KPU Trenggalek, Mohamad Indra Setiawan menyampaikan, meski sempat ada kabar pelarangan berkunjung ke asrama covid-19, namun pada prinsip yang masih kita pedomani adalah, dimanapun pemilih itu berada, baik di asrama covid maupun rumah sakit, akan tetap dilayani. Yaitu  dengan mekanisme ada petugas KPPS yang datang ke Rumah sakit ataupun asrama covid bersamaan petugas gugus covid sengan menggunakan full APD.

Perlu diketahui bahwa, pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Trenggalek 9 Desember tahun 2020 ini, ada dua pasangan calon bupati. Pasangan Nomor urut satu adalah Alfan Rianto dan Zainal Fanani yang diusung oleh PKB dan PKS. Sedangkan pasangan Nomor urut 2 adalah Mochamad Nur Arifin dan Syah Mohamad Natanegara yang diusung oleh 7 partai politik. Yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Hanura, PAN dan PPP.