Beranda NEWS MOMENT Antisipasi Dampak Gelombang Tinggi di Pesisir Jawa Timur, Peralatan Pos SAR Trenggalek...

Antisipasi Dampak Gelombang Tinggi di Pesisir Jawa Timur, Peralatan Pos SAR Trenggalek Disidak

303

TRENGGALEK, bioztv.id – Pastikan kesiapsiagaan bencana akibat gelombang tinggi yang mengancam perairan di wilayah pesisir selatan maupun pesisir Jawa Timur, Kepala Kantor Basarnas Surabaya sidak Pos SAR Trenggalek. Pihaknya mengecek berbagai peralatan untuk penyelamatan dan pertolongan kecelakaan laut.

Menurut keterangan Kepala kantor Basarnas Surabaya, wilayah perairan di Jawa Timur saat ini sedang menghadapi gelombang tinggi. Di sisi perairan utara, tinggi gelombang mencapai sekitar 1,5 meter hingga 2,5 meter. Sedangkan di sisi selatan pulau Jawa juga dinilai lebih mengkhawatirkan, karena tinggi gelombang bisa mencapai empat meter

Lebih lanjut, Kepala Kantor Basarnas Surabaya Hari Adi Purnomo menyampaikan, Salah satu kendala dalam penyelamatan dan pertolongan di wilayah pesisir selatan adalah tidak adanya alat besar, seperti kapal KRI atau kapal ukuran 40 meter milik Basarnas. Tetapi melalui sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak, baik Pos SAR, TNI, Polri, maupun masyarakat dan nelayan yang saling membantu. Pihaknya optimis  operasi SAR bisa terlaksana dengan baik. Sehingga pihaknya meminta agar seluruh personil selalu siap setiap saat, baik seiap secara fisik maupun mental.

Hari Adi juga menambahkan, Selain di pesisir selatan, kerawanan laka laut juga terjadi di daerah pesisir utara, terutama di daerah kepulauan, sepertihalnya daerah Madura sekitar Sumenep. DIsana ada lebih dari 100 pulau dan aktivitas masyarakatnya sebagainya dilakukan melalui perjalanan di air. Sehingga potensi untuk terjadi laka laut atau laka air cukup besar.