Beranda NEWS MOMENT Riwayat Pasien 17 Trenggalek, Tidak Pergi Keluar Kota Tapi Akhirnya Positif Corona

Riwayat Pasien 17 Trenggalek, Tidak Pergi Keluar Kota Tapi Akhirnya Positif Corona

64

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasien   positif corona ke 17 di Kabupaten Trenggalek, yang merupakan perempuan usia 53 tahun asal Desa Sobo Kecamatan Munjungan, ternyata tidak memiliki riwayat perjalanan luar kota kecuali untuk berobat. Meski belum diketahui cluster penyebarannya, namun pasien 17 diketahui positif corona.

Berdasarkan riwayat perjalanannya, Pasien 17 ini tinggal bersama 2 orang anak dan 1 cucu. Dalam kesehariannya yang bersangkutan hanya beraktifitas di rumah saja, serta sesekali berkunjung ke rumah tetangga dan mertua yang tidak jauh dari rumahnya.  Dua minggu sebelum sakit, orang tua menantunya membuat kamar mandi di rumah pasien 17 dan pada 4 Juni pasien 17 mengeluh demam, sesak nafas, mual, muntah dan nyeri perut.

Dalam Pers RIlisnya, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Trenggalek, dr Murti Rukiyandari menyampaikan, Pada 11 Juni kemarin pasien 17 pergi berobat ke RSUD dr. Iskak Tulungagung bersama dengan 2 orang anaknya dengan naik mobil pribadi. Dirumah sakit ini, pasien dilakukan Rapid Tes dan hasil Non Reaktif. Sedangkan dari Foto Rontgen Thorax ditemukan gambaran preumonia. Kemudian pada 12 Juni diambil specimen Swab Test  dan selanjutnya dirawat di ruang isolasi. Pada 14 Juni hasil Swab Test keluar dan dinyatakan Positif Covid-19.

Dari pasien ini diketemukan 11 orang kontak erat yg terdiri dari 10 orang anak, cucu, menantu, saudara dan tetangga yang tinggal di Desa Sobo. Serta 1 orang besan yg tinggal di desa Craken. 8 diantaranya sudah dilakukan pemeriksaan Rapid Tes pada tanggal 19 Juni dan hasil Rapid Testnya semua dinyatakan Non Reaktif. Dari hasil tracing yang dilakukan indikasi penularan Pasien 17 masih perlu pendalaman lebih lanjut.