Beranda NEWS MOMENT Riwayat Pasien 16 Trenggalek, Berawal Dari Sakit Saluran Kencing Hingga Positif Corona

Riwayat Pasien 16 Trenggalek, Berawal Dari Sakit Saluran Kencing Hingga Positif Corona

73

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasien positif corona ke 16 di Kabupaten Trenggalek, yang merupakan kakek usia 80 Tahun ternyata tidak pernah melakukan perjalanan luar kota kecuali ke fasilitas kesehatan. Pasalnya, sejak dua tahun terakkhir yang bersangkutan menderita sakit saluran kencing dan hanya menjalani perawatan dirumah.

Berdasarkan riwayatnya, Pasien 16 tidak pernah menerima tamu maupun bertamu. Dalam kesehariannya yang bersangkutan tinggal serumah dengan istrinya berusia 70 tahun dan anak 27 tahun. Sebelum tanggal 15 Mei Pasien 16 memeriksakan diri ke tempat praktik dokter spesialis penyakit dalam di Trenggalek, kemudian sehari setelahnya mengundang perawat Desa untuk pemasangan Kateter.

Pada Hari Raya Idul Fitri, Pasien 16 juga tidak menerima tamu dan tidak berkontak erat dnegan orang lain. Selanjutnya pada 27 Mei kembali mengundang perawat desa untuk melepas Kateter.

Menurut Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Trenggalek, dr Murti Rukiyandari menjelaskan, Pada 29 Mei Pasien16 pergi ke Puskesmas Panggul untuk minta rujukan, kemudian sore harinya kembali ke UGD Puskesmas Panggul untuk pemasangan Kateter kembali karena macet.

Selanjutnya pada  3 Juni Pasien 16 memeriksakan diri ke Poli Penyakit Dalam di RSUD dr Soedomo Trenggalek dan diminta kembali besoknya tapi pasien tidak kembali. Akhirnya pada 5 Juni Pasien16 berobat ke RSUD dr Iskak Tulungagung, dan langsung ke Graha. Pada 7Juni yang bersangkutan dilakukan Rapid Tes dengan hasil Non Reaktif, sekaligus dilakukan pengambilan Swab dan selanjutnya dilakukan operasi dan dirawat sampai sekarang. Pada 15 hasil swab pasien 16 keluar dan diketahui bahwa yang bersangkutan Positif Corona.

Menyikapi penambahan pasien positif corona baru ini, Pemerintah daerah juga  mengambil langkah-langkah penanganan dengan melakukan edukasi kepada masyarakat maupun OTG Pasien 16. Selain itu juga menerapkan isolasi madiri di rumah kepada seluruh kontak erat, dengan pengawasan ketat dari satgas Desa Ngrencak, Kecamatan Panggul. Sementara itu untuk Pasien 16 masih menjalani perawatan di  RSUD dr Iskak Tulungagung.