Beranda NEWS MOMENT Menjelang New Normal, Bagaimana Nasib Sekolah Yang Menjadi Tempat Isolasi ?

Menjelang New Normal, Bagaimana Nasib Sekolah Yang Menjadi Tempat Isolasi ?

81

TRENGGALEK, bioztv.id – Sambut tatanan New Normal, gedung sekolah di Kabupaten Trenggalek yang sebelumnya digunakan untuk ruang isolasi rencananya akan kembali difungsikan untuk kegiatan belajar mengajar. Terkait hal ini, pihak dinas pendidikan pemuda dan olahraga juga masih terus koordinasi dengan tim gugus tugas.

Persiapkan fasilitas pendidikan ditengah pandemi corona, Dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Dindikpora) Kabupaten Trenggalek mulai siapkan sejumlah fasilitas pendukung, baik fasilitas pendukung untuk protokol kesehatan maupun fasilitas pokok lain, sepertihalnya ruang kelas. Pasalnya, selama beberapa waktu terakhir, sejumlah gedung SD maupun SMP ada yang digunakan untuk ruang isolasi bagi orang dalam pengawasan (ODP) corona. Sementara itu dalam waktu dekat dimungkinkan pelajar akan kembali masuk sekolah.

Menanggapi hal ini, Kepala Dindikpora Kabupaten Trenggalek, Totok Rudijanto Menyampaikan, untuk memastikan kesiapan sekolah yang sebelumnya menjadi tempat isolasi, pihaknya masih terus memantau perkembangannya. Jika memungkinkan, maka tepat isolasi disekolah tersebut akan ditiadakan, namun, jika tidak memugkinkan, nantinya akan diberlakukan class shift, yaitu memanfaatkan ruang kelas yang masih tersedia, namun masuknya dibagi  per shift. Selain itu proses belajar mengajar juga bisa dilakukan secara online, ataupun guru datang langsung ke rumah sakah satu orang tua siswa, dan beberapa siswa yang rumahnya berdekatan ikut belajar disitu.

Kepala Dindikpora juga menambahkan, untuk SMPN 1 Pogalan yang beberapa ruang kelasnya masih dipenuhi ranjang tempat tidur dan dijadikan dapur umum ruang isolasi, rencananya ranjang ranjang tempat tidur tersebut juga akan segera dipindahkan, namun jika ruang tersebut masih digunakan untuk isolasi, pihak sekolah juga akan menggunakan sisa ruang kelas yang ada, dan memberlakukan class shift bagi siswanya.