Beranda NEWS MOMENT Ditengah Pandemi Corona, PPDB SD & SMP Di Trenggalek Tidak Sepenuhnya Dilakukan...

Ditengah Pandemi Corona, PPDB SD & SMP Di Trenggalek Tidak Sepenuhnya Dilakukan Secara Online

59

TRENGGALEK, bioztv.id – DItengah pandemi corona dan menjelang tatanan New Normal, penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP tahun ajaran 2020/2021 di Kabupaten Trenggalek tidak sepenuhnya dilakukan secara online atau daring. Dengan beberapa pertimbangan sebagian PPDB akan tetap dilakukan secara langsung.

Mengacu keterangan kepala dinas pemuda dan olahraga Kabupaten Trenggalek, rencananya proses PPDB akan mulai dilakukan besok pada 22 Juni ini, sedangkan untuk tahapan pelaksanaannya adalah, Proses pendaftaran, Seleksi, dan Verivikasi berkas dilakukan pada 22 Juni hingga 26 Juni tahun 2020, Kemudian pengumuman dilakukan pada 30 Juni, dan Daftar ulang dilakukan pada 3 Juli hingga 4 Juli mendatang. Sementara itu untuk proses pendaftaran akan da 4 Jalur, yaitu Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan dan Jalur Prestasi.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Trenggalek Totok Rudijanto, menyampaikan,   Untuk proses PPDB tingkat SMP akan dilakukan secara daring atau online, namun untuk PPDB tingkat SD menyesuakan kondisi dan lokasi, jika dimungkinkan akan dilakukan secara daring, namun jika tidak memungkinkan akan dilakukan secara luring atau langsung, pasalnya, kondisi masing masing sekolah tidak sama, ada yang berada di kawasan mudah sinyal, dan ada yang dipelosok dengan kondisi jaringan internet yang sulit.

Perlu diketahui bahwa, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti PPDB melalui jalur yang dipilih, Yang pertama untuk jalur jalur Zonasi syaratnya harus bertempat tinggal di dalam wilayah kabupaten Trenggalek  atau titik koordinat tempat tinggal siswa.

Kedua, untuk persyaratan Jalur Afirmasi harus memiliki kartu atau surat keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu yang dari pemerintah. Yang ketiga, untuk persyaratan Jalur Perpindahan harus memiliki surat penugasan perpindahan orang tua. Sedangkan yang terakhir untuk persyaratan Jalur Prestasi  harus memiliki prestasi akademik atau non akademik.