Beranda NEWS MOMENT Tidak Pulang Saat Pandemi Corona, Sejumlah Santri Pondok Pesantren Di Trenggalek Terima...

Tidak Pulang Saat Pandemi Corona, Sejumlah Santri Pondok Pesantren Di Trenggalek Terima Sembako

63

TRENGGALEK, bioztv.id – Memilih menetap dan tidak pulang selama terjadi pandmei corona, sejumlah santri di pondok pesantren yang ada di Kabupaten Trenggalek diberi bantuan sembako oleh Bupati. Bantuan ini merupakan hasil donasi yang dikumpulkan oleh BAZNAS Trenggalek, kemudian diberikan kepada para santri Pondok.

Salah satu Pondok Pesantren yang santrinya tidak pulang dan diberikan bantuan oleh Bupati bersama Baznas ini adalah Pondok Pesantren Darussalam, yang ada di Desa Sumbergayam, Kecamatan Durenan. Di sini sedikitnya ada 123 santri yang memilih untuk menetap di Pondok saat pandemic corona. Para santri yang menetap di pondok ini diberikan bantuan sembako senilai 100 ribu rupiah,  yang bersumber dari donasi yang dikumpulkan oleh BAZNAS Trenggalek. Meski sejumlah santri tersebut ada yang tidak ber KTP Trenggalek, namun mereka tetap bisa menerima bantuan tersebut.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Biasanya para Santri  yang ada di pondok ini masih dimintai tolong kerja membuat genteng atau segala macam oleh warga sekitar, namun saat terjadi pandemic corona ini tidak lagi ada yang mau menyuruh mereka bekerja. Sehingga mereka layak untuk diberikan bantuan sembako.  Pihaknya sangat mengapresiasi keputusan yang diambil para santri ini. Dengan tetap menetap didalam pondok pesantren tentunya sangat  membantu pemerintah  meminimaliar penyebaran wabah Covid 19.

Berdasarkan data yang ada, sedikitnya ada 38 lokasi, atau pondok pesantren yang hingga saat ini masih menampung santrinya yang tidak pulang, dengan jumlah yang variatif, ada yang masih menampung 3 orang santri, 15 santri, dan jumlah lainnya. Sedangkan untuk pondok pesantren yang masih menampung santri dengan jumlah terbanyak adalah Pondok Pesantren Darussalam ini, yaitu masih menampung sejumlah 123 santri.