Beranda NEWS MOMENT Dampak Pandemi, Istri Bupati Inisiasi Kelas Physical Distancing Bagi Anak PAUD Di...

Dampak Pandemi, Istri Bupati Inisiasi Kelas Physical Distancing Bagi Anak PAUD Di Trenggalek

98

TRENGGALEK, bioztv.id – Perjuangkan hak anak usia dini untuk tetap bisa belajar ditengah pandmei coroa yang melanda tanah air, Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek yang sekaligus istri bupati Trenggalek inisiasi kelas Physical Distancing bagi anak PAUD. Khususnya bagi mereka yang tinggal dilokasi yang tidak terjangkau akses internet.

Menurut keterangan ketua TP PKK Trenggalek, pada kelas Physical Distancing ini guru mengunjungi dan memberikan pembelajaran di rumah murid dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah pembelajaran, dan memakai masker selama pembelajaran. Selian itu jumlah anak juga dibatasi dan selalu menjaga jarak.  Kelas Physical Distancing PAUD dilaksanakan seminggu sekali di rumah salah satu rumah wali murid, dan diikuti sekitar 4 anak dengan usia 4 –sampai 6 Tahun yang lokasi rumahnya berdekatan dan tidak bisa mengakses internet.

Ketua TP PKK Trenggalek, Novita Hardini menyampaikan, Saat ini salah satu kelompok bermain yang ditunjuk menjadi pilot project kelas physical distancing di Kabupaten Trenggalek ini adalah Kelompok Bermain Tunas Bangsa yang ada di Dusun Banyon, Desa Widoro, Kecamatan Gandusari.  Program ini juga hasil kerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek.

Dengan adanya kelas physical distancing ini Novita Hardini juga ingin memastikan memastikan bahwa tidak ada satu anak pun anak PAUD yang tertinggal hak pendidikannya selama pada pandemi corona.  Sehingga kebutuhan dasar anak untuk mengenyam pendidikan tetap bisa terpenuhi dan mempunyai aktivitas yang dapat menstimulasi tumbuh kembangnya dengan baik.  Baik dengan diajari pendidikan emosional, maupun dengan permainan yang menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai bahan-bahan pembelajaran.