Beranda NEWS MOMENT Tinjau Langsung Penyaluran Bansos, Bupati Trenggalek Apresiasi Pembiayaan Inovatif Desa Sukowetan

Tinjau Langsung Penyaluran Bansos, Bupati Trenggalek Apresiasi Pembiayaan Inovatif Desa Sukowetan

99

TRENGGALEK, bioztv.id – Tinjau langsung proses penyaluran bantuan sosial dampak pandemi corona, Bupati Trenggalek apresiasi pembiayaan inovatif yang dilakukan Desa Sukowetan. Desa ini tidak hanya mengandalkan bansos seperti PKH, BPNT, KPE dan Baznas, namun sudah mempunyai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sendiri di tingkat desa.

Berdasarkan data yang ada, di desa Sukowetan Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek ini sedikitnya ada 52% KK yang sudah tercover BLT dari Kemensos, selian itu diluar BLT dari Pemerintah Provinsi juga sudah mengcover sekitar 52% KK. Sumber sumber bantuan di desa sukowetan ini tidak hanya mengandalkan bantuan rutin dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah saja. Namun Desa Sukowetan bisa sudah mampu melakukan pembiayaan inovatif yang bersumber dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di tingkat desa.

Menanggapi hal ini, Bupati Trenggalek  Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Pembiayaan inovatif di Desa SUkowetan ini digunakan khusus untuk membantu masyarakat miskin terdampak sosial ekonomi yang belum tercover bantuan dari Pemerintah.  Bupati juga berharap agar pembiayaan inovatif seperti yang sudah dilakukan Desa Sukowetan ini bisa ditiru dan dilakukan oleh desa-desa lain di Kabupaten Trenggalek.

Nur Arifin juga menambahkan, sumber dana pembiayaan inivatif penanganan dampak pandemi corona di Desa Sukowetan tersebut, selain bersumber dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di tingkat desa, juga bersumber dari CSR BUMDes. Menurut Bupati, jika setiap desa yang ada di Trenggalek bisa memiliki UPZ sendiri dan mampu menyisihkan keuntungan BUMDesnya untuk pembiayaan inovatif seperti ini, Bupati meyakini desa desa tersebut akan mampu menjadi desa yang mandiri.