Beranda NEWS MOMENT Isolasi Wilayah, Lebih Dari 40 Jalur Akses Masuk Ke Trenggalek Ditutup Beton...

Isolasi Wilayah, Lebih Dari 40 Jalur Akses Masuk Ke Trenggalek Ditutup Beton & Bronjong

210
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Maksimalkan pembatasan wilayah, pemerintah Kabupaten Trenggalek tutup puluhan jalur alternatif menuju Kabupaten Trenggalek. Pembatasan wilayah ini mulai dilakukan sejak 30 Maret 2020, hingga berakhirnya status tanggap darurat bencana wabah Covid-19.

Berdasarkan hasil peninjauan Bupati Trenggalek di lokasi penutupan jalan alternatif yang menghubungkan Tulungagung-Trenggalek, yang ada di Desa Malasan, Kecamatan Durenan. Jalan alternatif selebar 4 meter ini ditutup dengan bronjong kawat. Selanjutnya, bronjong akan diisi dengan batu, agar tidak bisa dipindahkan selama masa pembatasan wilayah. Sehingga warga yang akan masuk ke Trenggalek harus melintasi Tiga akses check point  yakni Terminal Durenan di Perbatasan Tulungagung-Trenggalek, Anjungan Cerdas di perbatasan Ponorogo-Trenggalek, dan Kecamatan Panggul di Perbatasan Pacitan-Trenggalek.

Menanggapi hal ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, jika akses jalan tidak di tutup, dikhawatirkan pelacakan orang-orang berisiko yang masuk ke Trenggalek tak bisa dilakukan secara maksimal, dan tidak bisa melakukan pendeteksian secara detail, mana orang-orang yang berisiko ataupun yang dalam pengawasan.

Nur Arifin juga menambahkan, Untuk pembatasan akses masuk ini, Pemkab Trenggalek juga akan berkirim surat ke pemda tetangga, pihaknya juga sudah berkoordinasi secara tak resmi lewat telepon. Sementara itu di beberapa titik pengecualian yang tidak di tutup ttal menggunakan beton, ada sistem buka tutup. Sepertihalnya di  Desa Gading, Kecamatan Tugu. DIlokasi tersebut harus diberlakukan buka-tutup. Karena akses kabupaten belum terbangun sehingga warga harus melintasu wilyah Kabupaten Ponorogo.