Beranda NEWS MOMENT Dampak Corona, Ratusan Santri Pondok Pesantren Kediri & Tulungagung Dipulangkan

Dampak Corona, Ratusan Santri Pondok Pesantren Kediri & Tulungagung Dipulangkan

108
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Terdampak physical distancing wabah virus Corona atau Covid-19, Ratusan santri dan santriwati dari pondok pesantren Lirboyo di Kediri dan pondok pesantren Ngunut di Tulungagung dipulangkan ke. Sebelum sampai dirumah, mereka juga diwajibkan menjalani test di lokasi check point.

Salah satu Santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Mohammad Abinaji  menyampaikan, Pemulangan santri ke rumah masing-masing ini sebagai antisipasi paparan virus Corona atau Covid-19, karena saat ini di kabupaten lokasi pondok,  sudah masuk dalam zona merah. Sehingga seluruh santri dipulangkan, kecuali santri yang rumahnya berada di zona merah.

Sementara itu salah satu santri dari pondok Ngunut Tulungagung, Irkham menerangkan, rombongan santri dari pondok pesantren tempatnya belajar, yang dipulangkan ada sekitar 300 santri, mereka pulang dengan rombongan, atau bersama sama santri lainnya.

Saat memasuki lokasi check poin yang ada di kawasan perbatasan Trenggalek-Tulungagung,  para santri dan satriwati didata dan dicek kesehatannya sebelum pulang ke rumah masing-masing. DIlokasi tersbeut, Petugas juga mengukur suhu tubuh, memfoto masing-masing santri, dan menginput data tempat mereka tinggal. Sementara itu hasil pemeriksaan dinyatakan ODP (Orang Dalam Pantauan). Setelah sampai di rumah masing-masing, para santri dan santriwati juga diminta agar melaporkan ke aparat desa. Dengan demikian tim kesehatan dan tim gugus tugas penganggulangan Covid-19 bisa memonitor kondisi kesehatan mereka.