Beranda NEWS Menelusuri Jejak Tradisi Ritual Adat Larung Sembonyo Nelayan Pantai Prigi Trenggalek

Menelusuri Jejak Tradisi Ritual Adat Larung Sembonyo Nelayan Pantai Prigi Trenggalek

bioz.tv - Menelusuri Jejak Tradisi Ritual Adat Larung Sembonyo Nelayan Pantai Prigi Trenggalek

691
BERBAGI

TRENGGALEK, bioz.tv – Sebagai bentuk rasa syukur atas tangkapan ikan yang melimpah ,  nelayan di Perairan Prigi Kabupaten Trenggalek,  Jawa Timur,  melakukan tradisi sedekah laut atau larung sembonyo. dalam tradisi ini,  nelayan melarung tumpeng raksasa serta sejumlah hasil bumi ke tengah laut ,  dengan harapan hasil laut setahun kedepan lebih baik dan para nelayan diberikan keselamatan saat melaut.

Prosesi Larung Sembonyo atau sedekah yang dilakukan Nelayan Prigi,  Kecamatan Watulimo ,  Kabupaten Trenggalek,  Jawa Timur ini  diawali dengan kirab tumpeng raksasa serta aneka hasil bumi ,  mulai dari Kantor Kecamatan Watulimo hingga Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi.

Sesampainya di Pelahuan Perikanan Prigi, Para nelayan melakukan doa bersama yang diikuti juga oleh  masyarakat sekitar. tradisi larung sembonyo ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur terhadap tuhan yang maha kuasa atas hasil tangkapan nelayan yang melimpah dalam setahun terakhir. selain itu nelayan juga berharap,  setahun ke depan hasil tangkapan laut mereka bisa semakin melimpah.   https://youtu.be/CplI1gvt6iI