Beranda NEWS MOMENT Filosofi “Batik Cengkeh Kawung” Khas Trenggalek Ala Mas IPIN

Filosofi “Batik Cengkeh Kawung” Khas Trenggalek Ala Mas IPIN

1094
BERBAGI

TRENGGALEK – bioz.tv – Batik merupakan salah satu kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari warisan budaya yang memiliki ribuan makna. Di era kerajaan, Setiap jenis batik dengan corak tertentu memiliki makna tersendiri dengan kegunaan dan manfaat yang berbeda beda.

Motif dan corak batik pada era kerajaan diyakini mengandung berbagai arti simbolik, karena motif batik diyakini sebagai salah satu sarana komunikasi tradisional, yang diwujudkan dalam corak sebuah lambing  atau simbol budaya tertentu.  setiap penerima simbol akan menyadari sesuatu yang harus dan tidak harus dijalankannya. Sehingga motif batik tradisional merupakan pesan nonverbal.

Sepertihalnya Pakaian yang dikenakan wakil bupati trenggalek, haji mochamad nur arifin atau yang lebih akrab di sapa mas ipin, Pakaian Batik dengan motif Cengkeh Kawung yang dikenakan juga memiliki filosofi tersendiri, menurutnya batik yang dia pakai ini memiliki dualisme makna yakni Batik jenis kawung kalau di jogja sebagai pakaian raja, namun kalau di solo sebagai pakaian abdi dalem. Menurut mas Ipin ini menggambarkan bahwa meski terkadang kita terlihat seperti raja namun sesungguhnya kita adalah seorang abdi.

Makna dari corak dan motif batik, sesungguhnya tergantung dari sudut pandang dan persepsi masing-masing pemakainya. Pada kenyataannya pola pikir masyarakat di era modernisasi memilih berpikir secara rasionil dengan mengedepankan keindahan sebuah karya dari motif dan corak batik traditional.

https://youtu.be/ELwrNSXFmzA