Beranda NEWS MOMENT Menjelang Idul Fitri Saat Pendemi Corona, Pedagang Oleh Oleh Khas Trenggalek Menjerit...

Menjelang Idul Fitri Saat Pendemi Corona, Pedagang Oleh Oleh Khas Trenggalek Menjerit Sepi Pembeli

93

TRENGGALEK, bioztv.id – Bulan ramadhan hingga menjelang perayaan hari raya idul fitri ditengah pandmei corona, sejumlah pedagang oleh oleh khas Trenggalek yang ada di kawasan jalan Nasional Trenggalek-Tulungagung menjerit sepi pembeli. Akibatnya,   tren banjir omzet menjelang Idul Fitri tak lagi terjadi untuk tahun ini.

Menurut keteranga sejumlah pedagang oleh oleh khas Trenggalek di Seputaran Jalan Nasional Trenggalek-Tulungagung, tepatnya di desa Bendorejo kecamatan Pogalan, pada bulan Ramadhan menjelang Lebaran tahun lalu, dalam setiap harinya mereka mengaku bisa menjual alen-alen sekitar 1 kuintal, namun sekarang hanya sekitar 5 kilogram saja. Menurut para pedagang, sepinya penjualan oleh-oleh ini merupakan dampak dari larangan mudik dan imbauan di rumah saja akibat virus corona.

Salah satu pedagang oleh oleh, Sri Muamanah menyampaikan, Dilapaknya ini, dirinya menjual aneka camilan oleh-oleh khas Trenggalek seperti  Alen -alen ,tempe keripik dan manco. Namun akibat sepinya pembeli, saat ini dirinya tidak berani menyetok barang terlalu banyak.

Pada tahun tahun sebelumnya, setipa menjelang hari raya idul fitri, biasanya  dalam setiap harinya mereka mampu mengantongi keuntungan hingga 3 juta rupiah  per hari. Namun, akibat adanya pandemic corona ini paling banyak hanya sekitar  500.000 rupiah saja. Para pedagang di pusat oleh-oleh berharap, supaya  wabah corona ini segera berlalu. Sehingga ekonomi di Trenggalek bisa kembali normal lagi.