Tunggu Konsolidasi, PKB Trenggalek Diam Diam Siapkan Bakal Calon Bupati Pada Pilkada 2024

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – DPC PKB Trenggalek diam diam siapkan nama nama yang berpotensi diusung pada Pilkada tahun 2024. Nama nama tersebut berasal dari kader senior PKB. Selain itu ada juga  kemungkinan nama nama baru dari kalangan muda. Dengan perolehan suara mencapai 11 kursi DPRD, PKB dipastikan bisa mengusung calon tanpa koalisi.

Menurut Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPC PKB Trenggalek, Murkam, terkait persiapan Pilkada 2024 dari PKB, saat ini belum ada keputusan resmi, PKB Trenggalek masih fokus pada tugas-tugas kepemiluan, terutama di bidang legislatif.

“PKB Trenggalek sampai hari ini secara resmi belum menentukan calon bupati. Saya sebagai ketua lembaga pemenangan pemilu masih fokus menyelesaikan tugas-tugas kepemiluan, khususnya pemilu legislatif,” kata Murkam.

Meskipun demikian, Murkam menegaskan bahwa PKB Trenggalek memiliki tradisi untuk selalu mengusung calon sendiri. “Terlepas dari nanti kalah atau menang, urusannya takdir yang sudah digariskan. Namun demikian sepanjang sejarah PKB ini selalu konsisten, juga kebetulan menang,” ujarnya.

Pada Pemilu 2024, PKB Trenggalek memperoleh 11 kursi di DPRD Kabupaten Trenggalek. Jumlah ini melebihi syarat minimal 9 kursi untuk mengusung calon bupati tanpa koalisi. PKB Trenggalek telah memiliki sejarah yang konsisten dalam kontes politik, namun pada Pemilu 2024 ini perolehan kursi dikalahkan PDIP yang meraih 13 kursi.

“Sehingga terlepas nanti endingnya koalisi dengan partai lain ataupun memberangkatkan sendiri, prinsipnya PKB sudah bisa memberangkatkan pasangan calon bupati sendiri,” kata Murkam.

Namun, PKB Trenggalek tetap terbuka untuk menjalin koalisi dengan partai lain. “PKB itu selalu dinamis dan welcome dengan partai lain yang berada di Kabupaten Trenggalek. Cuma kita menunggu, nanti koalisi dengan partai lain atau berangkat sendiri, kita belum tahu,” ujar Murkam.

Dalam hal ini, PKB Trenggalek masih belum memutuskan apakah akan mencalonkan pasangan sendiri atau berkoalisi dengan partai lain. PKB Trenggalek saat ini masih menunggu jadwal konsolidasi dari DPW PKB Jawa Timur untuk membahas persiapan Pilkada 2024.

“Kita juga masih menunggu jadwal konsolidasi yang akan diselenggarakan oleh DPW PKB Jawa Timur, sambil laporan hasil pemilu dan nanti akan ditindak lanjuti dengan konsolidasi persiapan Pilkada,” kata Murkam.

Meskipun belum ada keputusan resmi, diskusi internal PKB telah merumuskan beberapa gambaran calon yang mungkin maju pada Pilkada 2024. Beberapa nama kader senior PKB Trenggalek sudah disebut-sebut cocok diusung menjadi calon bupati, di antaranya H. Samsul Anam, Haji Sukarudin, M. Hadi, dan Zainal Fanani.

“Barangkali nanti juga di kontestan Pilkada ini juga muncul nama-nama,” kata Murkam.

Selain nama nama kader senior, kemungkinan kandidat lain adalah munculnya nama-nama baru dalam kontestan Pilkada, termasuk dari kalangan muda.

“Ada yang ingin memasangkan pasangan muda dari kecamatan Kampak, putranya Bapak Samudi, Reda, dengan Danang Kholiq,” pungkas Murkam.

Dengan demikian, PKB Trenggalek siap menghadapi Pilkada 2024 dengan berbagai strategi yang telah dipersiapkan secara matang, namun keputusan akhir masih menunggu hasil konsolidasi lebih lanjut.(CIA)