Hasil Eskavasi Situs Gondang Tahun 2023, Tim BPK Temukan 3 Relief Terakota & Denah Struktur Candi

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Eskavasi situs Gondang pada akhir Tahun 2023, Tim eskavasi balai pelestari kebudayaan (BPK) wilayah XI Jawa Timur temukan sejumlah struktur candi baru. Diantaranya berupa artefak serta mulai tergambarnya struktur candi situs gondang. Sesuai denah yang ada, bangunan candi pada situs gondang ini diyakini berbentuk persegi.

Proses eskavasi lanjutan situs Gondang, yang ada di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek pada Tahun 2023 ini sudah dilakukan sejak 17 Hingga 23 November 2023. Proses eskavasi atau penggalian ini bertujuan untuk menelisik denah struktur candi situs gondang. Hasilnya, Tim eskavasi menemukan tiga relief terakota serta merampungkan denah struktur candi.

Ketua tim eskavasi,  Mochammad Ichwan menyampaikan,  dari hasil penggalian situs gondang selama 7 hari terakhir,  tim telah mencapai target.  Yakni mengetahui denah struktur candi di situs gondang. Disisi lain,  juga diketahui jika di situs gondang ini hanya terdapat candi utama dan tidak memiliki perwara.  Berdasarkan denah yang berhasil dibuat,  candi di situs gondang berbentuk persegi. Dengan ukuran 5,8 meter persegi.

Ichwan juga menambahkan, Candi pada situs gondang ini diduga peninggalan era pra majapahit yang menjadi tempat pemujaan. Dari hasil eskavasi tim juga menemukan tiga relif terakota berbentuk perempuan,  lingga,  batu putih berbentuk balok dan bata merah dengan timbulan berupa segi delapan. Temuan pada eskavasi kali ini akan melengkapi temuan pada eskavasi sebelumnya berupa 10 arca. Hasil temuan baru pada eskavasi kali ini juga akan diamankan di kantor dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Trenggalek.

Visits: 76