Diusia Senja, Nenek Karyawan Pabrik Sigaret Kretek di Trenggalek Masih Semangat Kerja

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Sudah melebihi batas umur pensiun, salah satu nenek di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, masih semangat kerja di Pabrik sigaret kretek. Keahliannya membuat sigaret kretek tangan dengan alat manual, menjadi modal utama tetap eksis bekerja di pabrik. Bahkan, diusia yang semakin tua, ia juga belum berniat untuk pensiun.

Inilah mbah anah, Warga Desa Pogalan, Kecamatan Trenggalek. Nenek anah ini menjadi karyawan linting pabrik rokok Boy yang tertua. Ia bekerja di Pabrik rokok boy yanga da di Desa Gembleb, Kecamatan Pogalan, Trenggalek sejak Tahun 2009, dan masih semangat kerja hingga saat ini. Sebelum bekerja di Pabrik ROkok Boy ini, Nenek anak pernah bekerja di kota Surabaya. Disana ia juga bekerja di pabrik rokok. Berkat pengalaman dan kehaliannya inilah akhirnya ia memilih melamar kerja di Pabrik Rokok Boy yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Mbah Anak menyampaikan, ia sangat krasan bekerja disini, karena orang orangnya baik, dan hasilnya bisa untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Meski sekarang usianya sudah lebih dari 60 Tahun, ia mengaku tidak akan pensiun dan tetap akan bekerja linting rokok di Pabrik Rokok Boy.

Sementara itu Manager Operasional Pr.Alfi Putra, atau Pabrik Rokok Boy, Sutrisno Hadi Wibowo menyampaikan, terkait usia karyawan sebenarnya ada batasan pensiun, yakni hingga umur 50 Tahun. Namun dalam pelaksanaannya masih menerapkan sistem kekeluargaan, sehinga saat ini masih ada juga karyawan yang berusia lebih dari 50 tahun. Mereka yang berusia lebihd ari 50 Tahun dan masih bekerja ini sudah mengantongi izin dari dinas ketenagakerjaan. Karena mereka masih kuat bekerja dan membutuhkan pekerjaan itu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Hadi juga menambahkan, untuk karyawan yang usianya lebih dari 50 Tahun juga mendapat perlakuan khusus. Diantaranya terkait jam kerja. Jika mereka yang usianya dibawah 50 Tahun jam kerjanya sampai Pukul 16.00. Sedangkan untuk mereka yang berusia diatas 50 Tahun bekerjanya cukup sampai Pukul 15.00 atau Pukul 14.00 WIB. Pasalnya, mereka yang sudah lansia membutuhkan waktu istirahan yang lebih ekstra dari pada mereka yang masih muda.

Visits: 421