Beranda NEWS MOMENT Longsor Disertai Aliran Air, Evakuasi Rumah Warga Timahan Trenggalek Terpaksa Tunggu...

Longsor Disertai Aliran Air, Evakuasi Rumah Warga Timahan Trenggalek Terpaksa Tunggu Kering

364

TRENGGALEK, bioztv.id – Rumah hancur diterjang tebing longsor, proses evakuasi material longsor terpaksa harus menunggu kering. Pasalnya, material longsor tersebut disertai aliran air yang cukup deras, sehingga warga tidak berani lakukan evakuasi. Dikhawatirkan, jika material longsor dievakuasi akan terjadi longsor yang lebih besar.

Rumah hancur yang menjadi korban bencana longsor ini adalah milik Komari, Warga Desa Timahan Kecamatan Kampak, Sebelum tertimbun longsor, rumah ini hanya dihuni oleh istri Komari, karena yang bersangkutan saat ini sedang merantau di luar pulau. Akibat kejadian ini bangunan rumah bagian kamr, hingga dapur jebol semua dan hanya menyisakan bagian ruang tamu saja. Karena kondisi rumah masih dipenuhi material longsor, saat ini Istri Komari harus menginap dirumah orang tuanya yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Kepala Desa Timahan, Heri Sulistyo Bekti menjelaskan, Sesaat setelah kejadian longsor kemarin, sekitar 200 warga langsung mendatangi tempat ini untuk membantu proses evakuasi material longsor. Karena kondisi material longsor ini disertai air mengalir yang cukup deras akhirnya proses evakuasi tidak berani dilakukan. Warga khawatir jika langsung dievakuasi justru menyebabkan longsor susulan yang lebih besar. Sehingga proses evakuasi material longsor harus menunggu aliran air mengering.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jebol dihantam tebing longsor, rumah warga Desa Timahan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, hanya menyisakan ruang tamu. Sementara itu bangunan utama, kamar tidur, hingga dapur hancur. Beruntung tidak ada korban jiwa pada kejadian ini, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.