Beranda NEWS MOMENT Hampir 2 Tahun DIbahas, Ranperda Kode Etik DPRD Trenggalek Akhirnya Dinotakan

Hampir 2 Tahun DIbahas, Ranperda Kode Etik DPRD Trenggalek Akhirnya Dinotakan

254

TRENGGALEK, bioztv.id – Sudah dibahas hampir dua tahun, rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang kode etik DPRD Trenggalek dan Ranperda tentang tata Beracara akhirnya resmi dinotakan. Selanjutnya, kedua ranperda ini akan menjalani pembahasan lebih lanjut bersama belasan ranperda lain ditingkat panitia khusus (pansus).

Penyampaian nota ranperda tentang kode etik DPRD Trenggalek dan Ranperda tentang tata beracara ini dilakukan pada 14 Oktober kemarin melalui rapat paipurna terbuka. Dalam penyampaian nota dari kedua ranperda itu juga dijelaskan terkait pentingnya kode etik dan tata beracara.  Kedua ranperda itu akan menjadi landasan anggota DPRD dalam mengemban amanah sebagai wakil rakyat.

Wakil Ketua DPRD Trenggalek, Doding Rahmadi menyampaikan, antara ranperda kode etik dan tata beracara merupakan dua ranperda yang saling berkaitan. Sehingga dalam proses pembahasannya kedua ranperda itu dilakukan secara bersamaan.

Sekedar diketahui bahwa, Kode Etik DPRD merupakan suatu ketentuan yang mengatur sikap, perilaku, tata kerja, tata hubungan yang ditetapkan dalam pelaksanaan wewenang, tugas dan kewajibannya sebagai anggota DPRD. Sedangkan tata beracara merupakan suatu ketentuan untuk mengatur proses pelaksanaan dari kode etik itu. Sepertihanya jika terjadi suatu permasalahan, cara penyelesaiannya kan diatur dalam tata beracara.